MalangPost - Pengedar Sabu-sabu Diringkus

Selasa, 11 Agustus 2020

  Mengikuti :

Pengedar Sabu-sabu Diringkus

Rabu, 11 Des 2019, Dibaca : 5124 Kali

MALANG - Polresta Malang Kota membekuk satu tersangka pengedar narkotika jenis sabu. Yaitu, Acil, 27, warga Jalan Dr Cipto Desa Bedali Lawang pada Minggu (8/12) lalu. Tersangka disinyalir sebagai pengedar sabu yang beroperasi di wilayah Sawojajar, tepatnya di Jalan Selat Bali Kecamatan Kedungkandang.
Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata menyebutkan, penangkapan tersangka berawal dari pengungkapan kasus sebelumnya. “Kami menerima informasi dari penangkapan sebelumnya, bahwa transaksi seringkali terjadi di kawasan Jalan Selat Bali, sekitar Sawojajar,” ujar Leo kepada wartawan di Mapolresta, Selasa (10/12) siang.
Dengan modal informasi ini, polisi narkotika Polresta melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. Di kawasan ini, petugas mendapati tersangka sedang beredar. Penguntitan pun dilakukan oleh polisi untuk menangkap basah tersangka. Akhirnya, perburuan ini berakhir di rumah tersangka di Bedali.
Penggerebekan dilakukan dan Acil tak berkutik ketika ditangkap oleh polisi narkotika. “Saat digeledah, kami menemukan sabu-sabu seberat 0,2 gram. Dia langsung kami gelandang ke Mapolresta untuk menjalani serangkaian pemeriksaan kepolisian,” sambung perwira yang dikenal ramah tersebut.
Dari hasil pemeriksaan, tersangka memang terlibat jaringan peredaran sabu-sabu dan kini terancam pasal 114 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya 5 tahun. Leo menegaskan, kepolisian terus melakukan penyidikan untuk membongkar jaringan yang menyuplai sabu kepada tersangka.
Saat diinterogasi Leo, tersangka pengedar sabu ini mengaku sudah lima sampai enam bulan menjadi pengedar. Tak hanya mengedarkan sabu, ternyata Ia juga gemar mengonsumsi sabu-sabu. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes urin tersangka yang positif pemakai sabu.
“Saya sudah 5-6 bulan menjadi pengedar dan memakai sabu. Saya dapat narkoba dari teman,” tutupnya saat ditanyai Leo tentang sumber suplai sabunya.(fin/lim)

Editor : halim
Penulis : Fino