Pemkot Bantu Pasarkan Produk UMKM Kota Malang - Malang Post

Jumat, 22 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 25 Sep 2019, dibaca : 438 , aim, amanda

MALANG - Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Malang sedang bergeliat. Meski memiliki kualitas yang baik, ruang pemasaran masih terbatas dan belum nenyentuh pasar internasional.
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mendorong produk UMKM untuk dipasarkan lebih luas lagi. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah mewajibkan toko modern untuk mengisi kios mereka dengan produk UMKM. Sehingga, olahan dan berbagai produk yang ada dapat dinikmati lebih luas lagi.
"Ketika dibentuk sinergitas, pasarnya akan terbentuk. Sehingga secara otomatis akan mampu meningkatkan produktivitas, baik secara kualitas maupun kuantitas," terang Wasto.
Wasto berharap, program tersebut ditargetkan dapat segera terealisasi dalam waktu dekat. Sebab, proses perjanjian antara Pemkot Malang dan toko modern akan segera dilakukan. Salah satunya untuk menentukan beberapa kriteria yang akan ditetapkan untuk menjadikan produk UMKM masuk ke toko modern.
"Sejauh ini, Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi dan UKM terus melakukan pembinaan dan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas dan hasil produksi dari masing-masing produk," ungkap dia.
Selain itu, lanjut dia, upaya memperkenalkan produk lokal hingga ke mancanegara terus dilakukan. Salah satunya melalu pameran berskala nasional maupun internasional. Selama ini, respon publik sangat bagus dan banyak yang menilai jika produk yang dihasilkan UMKM Kota Malang memiliki kualitas.
"Saat pameran pasti ada transaksi. Produk kami selalu dikatakan bagus. Ini yang harus ditindaklanjuti untuk pemasaran ke luar negeri. Kita dorong bersama agar pasar ekspor terbentuk," pungkas dia.(tea/aim)



Loading...