Malang Post - Pemkab Bakal Renovasi Stadion Kanjuruhan

Minggu, 05 April 2020

  Mengikuti :


Pemkab Bakal Renovasi Stadion Kanjuruhan

Kamis, 16 Jan 2020

MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang berencana merenovasi Stadion Kanjuruhan. Home Base Arema FC ini akan dilengkapi dengan kanopi di bagian atasnya, serta beragam fasilitas. “Tahun ini Insyaallah renovasi mulai dilakukan,’’ ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kabupaten Malang Atsalis Supriyanto. 

Mantan Camat Wajak ini mengatakan, untuk anggaran renovasi, Pemkab tidak hanya menggandalkan dari APBD. Namun juga berharap adanya bantuan dari pusat. Alasannya, karena anggaran untuk renovasi itu mencapai sampai dengan Rp 400 M. 
Dijelaskan Atsalis, sebelumnya renovasi Stadion Kanjuruhan, Pemkab Malang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, senilai Rp 30 M. Sedangkan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga juga ada bantuan Rp 30 M. “Sementara Pemkab Sendiri siapkan sekitar Rp 60 M. Jadi untuk tahap awal anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi sekitar Rp 120 M. itu hanya untuk kanopi saja,’’ katanya.
Tapi, bukan hanya kanopi, Atsalis berharap renovasi itu dilakukan secara total. Sehingga begitu selesai, stadion ini pun siap. “Rencana kami membuat proposal ke Kementrian PUPR terkait renovasi stadion ini. Ya, masih ada waktu, semoga di ACC,’’ urainya. 
Dia memutuskan untuk meminta bantuan ke Kementrian PUPR karena anggaran untuk renovasi stadion secara keseluruhan sangat besar. Yaitu mencapai Rp 500 M. 
“Kalau mengandalkan APBD jelas kami tidak mampu. Oleh karena itu, kami berharap usulan kami nanti disetujui,’’ katanya. 
Dia mencontohkan salah satu stadion yang mendapatkan bantuan full dari Kementrian PUPR. Yaitu Stadion Manahan Solo. “Jika renovasi dilakukan maka sudah pasti Stadion Kanjuruhan ini menjadi stadion terbaik se Indonesia,’’ ungkapnya. 
Seiring dengan kanopi yang menutup Stadion Kanjuruhan, dikatakan Atsalis dibuat dengan sistem terbuka dan tertutup. “Jadi saat dibutuhkan tempat indoor maka kanopinya bisa ditutup. Kalau outdoor, kanopinya bisa dibuka kembali,’’ tuturnya. 
Atsalis mengatakan masih menunggu dari Provinsi untuk memulai pembangunannya. Tapi yang jelas, saat renovasi dilakukan, maka Arema FS wajib berpindah Home Base. 
“Kami sudah sampaikan itu. Dan pihak Arema FC juga sudah setuju. Rencananya mereka akan berpindah ke Stadionj Gajayana. Untuk waktunya, paling singkat sampai dengan tahun 2021 mendatang,’’ tandasnya. (ira/udi)

Editor : mahmudi
Penulis : ira

  Berita Lainnya





Loading...