Pemilihan Cawabup Berlangsung Gayeng dan Penuh Canda - Malang Post

Kamis, 21 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 09 Okt 2019, dibaca : 1149 , udi, agung

MALANG - Sehari setelah sidang Paripurna penyampaian visi misi, DPRD Kabupaten Malang langsung menggelar sidang pemilihan dan perhitungan suara Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang, Rabu (9/10). Sidang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Ir. H. Kholiq. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Panitia Pemilihan Cawabup, Didik Gatot Subroto.
Dalam sidang Paripurna, hadir dua Cawabup, Drs. Mohamad Soedarman, MM serta Abdur Rosyid Assadullah, S.Pd. MM., termasuk Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, Forpimda, organisasi masyarakat, kepala SKPD serta seluruh Camat.
Proses pemilihan dan penghitungan suara berlangsung gayeng. Penuh canda dan tawa, dan jalannya proses pemilihan berlangsung lancar tanpa ada hambatan. "Pemilihan dan penghitungan suara ini tidak ada main-main. Kami pastikan berjalan demokratis. Kotak suara yang kami sediakan juga transparan sehingga bisa diketahui semua yang hadir," kata Didik Gatot Subroto.
Ada 50 anggota dewan yang memiliki hak suara memilih Cawabup. Pemilihan dilakukan seperti proses pemilu pada umumnya. Satu persatu anggota dewan yang dipanggil, menghadap panitia sembari membawa kartu pemilih. Setelah itu, dilanjutkan mencoblos dibilik pemilih yang sudah disediakan. Begitu surat suara sudah dicoblos, langsung dimasukkan dalam kotak suara.
"Karena semuanya sudah mencoblos dan masih ada waktu, langsung dilanjutkan penghitungan suara ya?. Bagaimana saksi dan undangan yang hadir?," tanya Didik Gatot Subroto, Ketua Panitia Pemilihan Cawabup.
Begitu disepakati, penghitungan suara dimulai. Suara pertama yang dibacakan, menyebut nama Abdur Rosyid Assadullah, S.Pd. MM. Kemudian surat suara lanjutan yang dibacakan, memilih nama Soedarman.
Hasil penghitungan suara, Mohamad Soedarman menjadi Cawabup terpilih. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara ini, mendapat 44 suara. Sementara Abdur Rosyid, memperoleh 5 suara. Satu suara tidak sah karena tidak tercoblos.
Setelah perhitungan selesai, pimpinan sidang paripurna, Ir. H. Kholiq, langsung menutup. Langkah dewan selanjutnya, adalah melakukan penetapan Cawabup terpilih. Begitu sidang Paripurna sudah selesai, Mohamad Soedarman langsung mendapat ucapan selamat dari seluruh anggota dewan. Kemudian dilanjut dengan foto bersama panitia pemilihan.
Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, mengatakan, bahwa Cawabup terpilih itulah yang nantinya akan menjadi pendampingnya. "Untuk proses selanjutnya, yakni penetapan kami serahkan ke DPRD. Karena saya tidak ada kewenangan. Saya hanya menerima siapapun yang terpilih, dia adalah wakil bupati," kata Sanusi. (agp/adv/udi)



Loading...