Pembangunan Pasar Lawang Disiapkan Dana Rp 120 M | Malang POST

Kamis, 20 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 23 Jan 2020,

 Kondisi Pasar Lawang pascakebakaran beberapa waktu lalu, dan kini akan diperbaiki.

LAWANG - Pemerintah Kabupaten Malang memastikan pembangunan Pasar Lawang dilaksanakam tahun ini. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Dr Agung Purwanto M.Si. "Saat ini proses evaluasi DED (Detail Engineering Design). Semoga tidak ada kendala," katanya. 
Agung menguraikan, untuk pembangunan Pasar Lawang, Pemkab Malang menggunakan bantuan dari pusat, yaitu Kementrian PUPR. Dengan total anggaran Rp 120 M. Namun untuk perencanaan dibuat oleh daerah. "Akhir tahun lalu DED kami kirim ke pusat, saat ini sedang dilakukan evaluasi," tambahnya.
Menurut Agung, bangunan pasar Lawang nanti sesuai standar Bangunan Gedung Hijau (BGH). Bangunan tersebut sangat ramah lingkungan. "Ada beberapa klasifikasi untuk bangunan standar BGH. Mulai dari sirkulasi udara, penggunaan aliran listrik, sanitasi, sampai dengan pengolaan sampahnya. Jika semuanya memenuhi standar, maka nanti akan dikeluarkan settifikasi BGH. Dan di DED kami dibuat dengan detail sesuai dengan klasifikasi tersebut," ungkapnya. 
Setelah sertifikasi BGH selesai, baru kemudian masuk proses lelang. "Kapan lelangnya, saat ini sedang proses, harapannya sih secepatnya," urai Agung.
Sambil menunggu evaluasi DED, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pedagang, terkait rencana pembangunan. Dia berharap, begitu DED selesai, dan sertifikasi BGH terbit, sudah tidak ada kendala apapun.
Terkait relokasi, kata Agung sudah dipersiapkan. Ada beberapa tempat yang menjadi alternatif untuk relokasi. Pertama, jalan tidak jauh dari pasar, serta tanah kas Desa Ketindan. Menurut  Agung, untuk relokasi pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 2,3 M. "Untuk relokasi anggaran dicover APBD. Kami dapat Rp 2,3 M untuk perencanaan, serta pembangunan kios," tandasnya.
Seperti diketahui Pasar Lawang mengalami kebakaran 17 April 2019 lalu. Api membakar lantai satu dan dua pasar tersebut. Puluhan kios terbakar, dan menelan kerugian hingga Rp 10 M. Sejumlah pedagang yang kiosnya terbakar memilih menempati bedak relokasi sampai dengan saat ini. (ira/udi)
 

Editor : mahmudi
Penulis : ira



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...