Pelantikan Kades Terpilih Diajukan Akhir Agustus | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 707 , udi, Ira

MALANG- Pelantikan Kepala Desa terpilih Kabupaten Malang dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap 3 Kabupaten Malang, akan digelar akhir Agustus mendatang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Malang sengaja mengajukan jadwal pelantikan kades terpilih ini, untuk kelancaran pembangunan di wilayah desa.
Sebelumnya, Pemkab Malang sempat merencanakan melantik para Kades terpilih akhir Oktober 2019 mendatang. "Rencananya akan diajukan. Pelantikan Kades terpilih akan digelar pada 29 Agustus mendatang," kata Kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji.
Dia menambahkan, begitu para kades terpilih dilantik, mereka bisa langsung bekerja. Terutama menyusun dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDesa), sesuai dengan visi dan misi para kepala desa.
Suwadji mengatakan, dokumen RPJMDesa merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki pemerintahan desa. Karena RPJMDesa ini menjadi arah dan pedoman dalam pembangunan di wilayah.
Lebih lanjut, Suwadji menguraikan, untuk menyusun RPJMDesa dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena memerlukan penggalian gagasan ditingkat dusun atau kelompok. Setelah itu, langsung menyusun dokumen RKPDesa 2020, dan ditindaklanjuti dengan APBDesa. "Dokumen-dokumen tersebut, sesuai dengan aturan yang berlaku, diwajibkan selesai di akhir tahun ini. Makanya, pelantikan Kades Terpilih kami majukan," urainya.
Selain RPJMDesa, Suwadji menambahkan, setelah dilantik, para kades dan perangkat desa lainnya juga dapat menyusun dokumen rencana kerja Pemerintahan desa(RKPDesa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2020 mendatang. "Karena banyak agenda yang harus diselesaikan, maka setelah dilantik, para Kades harus langsung bekerja. Tidak boleh santai-santai," tandas Suwadji. (ira/udi)



Senin, 16 Des 2019

Gondanglegi Kena Trase Tol

Loading...