Malang Post - Pelajar Malaysia Senang Belajar di SMK PGRI 3

Sabtu, 04 April 2020

  Mengikuti :


Pelajar Malaysia Senang Belajar di SMK PGRI 3

Selasa, 27 Agu 2019

AKRAB: Siswa SMK PGRI 3 belajar bersama siswa Koleg Vocational Seri Manjung Malaysia didampingi guru masing-masing.

 

MALANG – Wahyudin, salah satu siswa asal Kolej Vocational Seri Manjung Malaysia, merasa senang belajar di SMK PGRI 3 Malang. Bersama dua temannya yang lain, Arif Aidil dan Syed A’mmar, Senin, (26/8), terlihat menikmati belajar bersama guru dan siswa SMK PGRI 3. Di salah satu ruang belajar elektronika, mereka membuat objek tiga dimensi dengan salah satu program aplikasi.
Para pelajar dari Negeri Jiran tersebut terlihat tak canggung untuk sharing dan tukar pendapat. Wahyudin salah satu dari mereka mengungkapkan perasaan senangnya bisa belajar di SMK PGRI 3. "Kami senang ada disini, teman-temanya baik dan mau belajar bersama," ucapnya, sambil menjelaskan sistem kerja LDR atau sensor cahaya kepada Malang Post.
Sejak (22/8/19) sampai (6/9/19) mendatang, para siswa Malaysia tersebut belajar di SMK PGRI 3 Malang. Mereka adalah peserta program pertukaran pelajar yang diprakarsai Persatuan Guru Indonesia. Program pertukaran pelajar untuk wilayah Malang Jawa Timur, hanya ada dua sekolah. Salah satunya yang dipercaya yakni SMK PGRI 3 Malang.
Zainal Hisyam guru pendamping dari Kolej Vocational Seri Manjung Malaysia, merasa terkesan dengan kondisi SMK PGRI 3. Ia mengatakan siswa di sekolah ini sangat banyak dibanding dengan sekolahnya di Seri Manjung.
"Siswanya disini banyak sekali, kami disana tidak sampai seribu siswa. Dan siswa disini semangat belajar," ucapnya.
Ia mengungkapkan, selama di SMK PGRI 3  Malang ia bersama siswanya akan belajar banyak hal. Diantaranya tentang sistem pembelajaran, sarana belajar dan kurikulum.
"Kita bisa tukar pendapat, dan ide-ide kreatif di Malaysia dan Indonesia bisa dikolaborasikan," terangnya.
Ia juga menambahkan, program pertukaran pelajar juga menjadi momentum baginya untuk mencari peluang kerja di Indonesia. Peluang tersebut bisa dimanfaatkan oleh siswa lulusan Kolej Vocational Seri Manjung.
Kepala Bengkel Teknik Elektronika Dan Audio Visual, SMK PGRI 3 Ahmad Mursyid, ST., yang saat itu mendampingi mereka menjelaskan, tiga siswa Kolej Vocational Seri Manjung akan belajar membuat satu project dengan aplikasi arduino. Oleh karena itu ia telah membuat jadwal untuk beberapa hari kedepan, agar project tersebut selesai tepat waktu.
"Kita mulai dengan basic dulu karena materinya banyak," katanya.
Mursyid memaparkan beberapa materi yang rencananya akan diajarkan pada siswa. Antara lain ada PLC, robotic, instrumentasi, dan lain-lain. Sebagai tahap awal untuk menghasilkan satu produk, terlebih  dahulu siswa dibimbing untuk membuat desain 3D. Kemudian dicetak menggunakan 3D Printing yang dikembangkan lebih dulu oleh SMK PGRI 3. "Hasilnya nanti akan dilengkapi dengan rangkaian arduino," imbuhnya.
Ada banyak materi yang bisa dipelajari siswa Koleg Vocational Seri Manjung selama pembuatan produk tersebut. Yang paling dasar terkait dengan sistem kerja sensor, penggerak motor dan cara menampilkan data yang terbaca. "Di tahap finishing akan kita ajari juga cara pemrogramannya," kata dia.
Menurut Mursyid, instrumen dengan aplikasi arduino tersebut bisa dikembangkan menjadi alat yang mampu menangkap objek dengan sensor cahaya. Misalnya mendeteksi posisi objek atau mendeteksi wajah. "Memang kita carikan produk yang sederhana dulu. Karena waktunya cuma dua Minggu," tandasnya.
Sementara itu, Arif Aidil salah satu siswa Koleg Vocational Seri Manjung merasa senang bisa belajar membuat projek tersebut. Ia berencana hasil karyanya tersebut akan dibawa pulang ke Malaysia. "Buat oleh-oleh nanti saya bawa pulang," ucapnya dengan semangat. (imm/adv/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam

  Berita Lainnya





Loading...