Pekan Ta aruf Pelajar Muhammadiyah 2019 Ajang Penguatan Pendidikan Karakter | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 21 Nov 2019, dibaca : 591 , Rosida, Imam

MALANG – Menyukseskan program PPDB tahun pelajaran 2020/2021, SMP Muhammadiyah 2 (Muda) Malang bekerja sama dengan kepala SD Muhammadiyah dan SD Aisyiyah se-Kota Malang menggelar Pekan Ta’aruf Pelajar Muhammadiyah (PETAPEM) 2019, Rabu (20/11).

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Malang, Drs. H. Mardjono M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian keluarga besar SMP Muda Inovasi dalam mengembangkan bakat dan minat siswa.
“Pengembangan bakat dan minat siswa ini merupakan bagian dari program penguatan pendidikan karakter,” ujar Mardjono pada Malang Post.

Ada 19 macam lomba yang digelar dalam perhelatan tahunan ini. Diantaranya pildacil, tartil, tahfidz quran, salat berjamaah, baca puisi, senam kreasi, futsal, lari estafet, olimpiade matematika, olimpiade IPA, olimpiade ISMU in Arabic, ISMU in English dan lain-lain.  

Sebanyak lebih dari 500 siswa dari delapan SD Muhammadiyah bertemu dalam perlombaan tersebut. Yaitu SD Muhammadiyah 1, SD Muhammadiyah 3, SD Muhammadiyah 4, SD Muhammadiyah 5, SD Muhammadiyah 6, SD Muhammadiyah 8, SD Muhammadiyah 9 dan SD Muhammadiyah Aisyiyah.   Seluruh peserta tampak menikmati jalannya perlombaan, dengan memaksimalkan kemampuan masing-masing.

Gelar juara umum berhasil diraih oleh SD Muhammadiyah 4 dengan memenangkan 14 perlombaan. Juara 1 untuk dari delapan mata lomba, juara 2 dari satu mata lomba dan juara 3 dari empat mata lomba.

Petapem sendiri merupakan program rutin tahunan Kelompok Kerja Kepala Sekolah  (K3S) SD Muhammadiyah Kota Malang. Melalui kegiatan ini seluruh SD Muhammadiyah Kota Malang merapatkan barisan dengan satu langkah yang sama menuju arah kemajuan.

Setiap tahun acara Petapem dilaksanakan di SMP/MTs Muhammadiyah. Dan Petapem ke-4 kali ini, dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Inovasi. Tujuannya sebagai media pengenalan bagi siswa SD Muhammadiyah terhadap lembaga-lembaga SLTP Muhammadiyah yang ada di Kota Malang.  

Ketua Panitia Petapem 2019, Nashiruddin Hidayah mengatakan, ada beberapa tujuan digelarnya Petapem. Pertama sebagai ajang silaturrahmi antar sekolah muhammadiyah. Hubungan kuat yang dibangun dengan silaturrahmi tersebut akan semakin mempermudah sekolah muhammadiyah untuk maju bersama.

Kedua, memperkenalkan secara khusus SMP/MTs Muammadiyah kepada para peserta Petapem.  Sehingga diharapkan lulusan SD Muhammdiyah dapat melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMP/MTS Muhamadiyah.

Tujuan ketiga, yakni sebagai upaya untuk memperkuat budaya kompetitif. Sehingga siswa SD Muhammadiyah menjadi terbiasa menghadapi even perlomban. “Jadi kita mulai membangun mental kompetisi di internal sekolah muhammadiyah lebih dulu. Dan sejauh ini sudah banyak menunjukkan perkembangan yang positif. Anak-anak semakin percaya diri,  sehingga menjadi modal penting untuk mengikuti lomba di even lainnya,” ucap Kepala SD Muhammadiyah 8 ini.

Sementara itu, Ketua K3S SD Muhammadiyah Kota Malang, Sony Darmawan, M.Pd, mengatakan target kegiatan Petapem untuk menggali potensi dan memperkuat jiwa juang siswa. Menanamkan sikap sportifitas dan menguatkan persahabatan dan persaudaraan.
“Inti dari petapem untuk menjadikan kader Muhammadiyah, yang memiliki akhlak dan karakter mulia,” ujarnya. (imm/nda/oci)



Jumat, 06 Des 2019

Hanif Gantikan Arthur

Jumat, 06 Des 2019

Cegah Radikalisme Sejak PAUD

Loading...