MalangPost - Pekan Kewirausahaan MIN 1 Kota Malang, Ala Chef Siswa Adu Terampil Memasak

Selasa, 11 Agustus 2020

  Mengikuti :

Pekan Kewirausahaan MIN 1 Kota Malang, Ala Chef Siswa Adu Terampil Memasak

Kamis, 12 Des 2019, Dibaca : 1389 Kali

MALANG - Para chef cilik MIN 1 Kota Malang, Rabu (11/12) berlomba menunjukkan kemampuan mereka dalam memasak. Beraneka macam makanan kekinian berhasil mereka buat dengan tampilan yang cantik. Tidak hanya itu, rasanya juga tak kalah dengan hasil masakan chef profesional.
Ada pizza, potato cheese,  kue lumpur, aneka puding dan lain-lain, yang semuanya dibuat dari bahan dasar kentang. Dalam waktu kurang dari 30 menit, tim peserta yang merupakan siswa-siswi kelas 3 ini berhasil menyelesaikan tugas mereka dengan baik.
Chilla Ramadhani, peserta dari tim kelas 3G merasa puas dengan karya timnya yang telah menyelesaikan tugas membuat sate dari bahan dasar kentang. "Sebelum lomba, kami latihan dulu biar hasilnya bagus dan rasanya juga enak," katanya.
Ia merasa senang mengikuti perlombaan masak yang digelar di lapangan madrasah Jalan Bandung ini. Selain mengasah keterampilan, Chilla dan kawan-kawannya menjadi lebih mengerti untuk memilih dan mengkonsumsi makanan sehat.
"Kami memilih kentang karena ini sehat dan bergizi, baik untuk pertumbuhan," imbuhnya.
Lomba memasak tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Kewirausahaan MIN 1 Kota Malang yang digelar sejak, Senin, (9/12). Kegiatan ini akan berlangsung enam hari hingga Sabtu mendatang. Dimulai dari kelas 1 Senin, kelas 2 Selasa dan seterusnya hingga kelas 6 pada, Sabtu.
Lomba demo masak dilaksanakan di panggung utama. Sementara di sepanjang teras kelas terdapat stand-stand kuliner, tempat siswa memasak dan menjual produk makanan yang mereka buat.
Lomba masak di panggung diikuti oleh perwakilan kelas. Sedangkan lomba masak di stand diikuti oleh semua siswa. Satu kelas dibagi lima tim. Jadi seluruhnya ada 45 stand kuliner.
Ketua Pelaksana Pekan Kewirausahaan, Hj. Susmiyati, M.Pd.I mengatakan, kriteria lomba demo masak meliputi empat poin. Yaitu penyajian, cita rasa, kebersihan dan display. Adapun display dinilai dari peralatan dan bahan yang dipakai. Termasuk juga langkah-langkah pembuatan.
"Khusus demo di panggung kita ambil juara favorit saja, masing-masing paralel hanya satu juara. Kriterianya ditambah dengan proses memasak dan presentasi dari hasil masakannya," terang Susmiyati.
Bahan utama memasak untuk kelas 3 menggunakan kentang. Siswa diminta untuk bisa membuat kreasi masakan dari bahan kentang. Sementara untuk kelas 1 bahan utamanya roti tawar, kelas 2 menggunakan ubi telo, 4 singkong, 5 tepung, 6 dibebaskan untuk memilih menu dari bahan jagung, sayur, ikan, dan lain-lain. (imm/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam