Pantai Wedi Awu Tirtoyudo, Surganya Peselancar | Malang Post

Jumat, 13 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 21 Sep 2019, dibaca : 483 , halim, agung

HOBI bermain selancar, tetapi bingung cari tempat yang bagus dan pas? Tidak perlu khawatir, tidak perlu ke Bali.  Anda cukup datang saja ke Pantai Wedi Awu. Pantai yang berada di Dusun Balearjo Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang ini, memiliki spot selancar yang cukup bagus. Bahkan, dikenal sebagai surganya peselancar saking bagusnya.
Pantai ini berada di wilayah Malang Selatan. Dari Kota Malang, jaraknya sekitar 75 kilometer. Untuk menuju pantai yang memiliki pemandangan eksotis dan memesona ini, cukup mengikuti petunjuk arah saja.
Jalan menuju lokasi Pantai Wedi Awu, juga berliku-liku. Melewati beberapa kali belokan serta bukit. Namun meski harus menempuh perjalanan lebih dari 3 jam, Anda tidak akan menyesal.
Pasalnya selain menikmati perkampungan desa yang asri, juga disuguhi pemandangan yang luar biasa. Akses jalan sampai ke lokasi pun juga sudah beraspal. Begitu sampai di lokasi, Anda pasti akan takjub dengan keindahan pantainya yang memang masih alami dan bersih.
"Pantai Wedi Awu ini adalah salah satu andalan destinasi wisata yang kami promosikan kepada wisatawan. Tidak hanya lokal, tetapi juga wisatawan dunia, terutama yang hobi bermain selancar," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, kepada Malang Post beberapa waktu lalu.
Dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di wilayah Malang Selatan, Wedi Awu memang memiliki perbedaan. Terutama pada pasirnya. Warna pasirnya lebih kecoklatan dan kehitaman.  Selain bermain pasir dan air, termasuk berselancar bagi yang hobi, wisatawan juga bisa menikmati paket wisata.
Dengan menyewa perahu milik nelayan sekitar, dengan kapasitas penumpang maksimal 8 orang, bisa keliling beberapa pantai lainnya yang ada di Kecamatan Tirtoyudo. Misalnya saja Pantai Lenggoksono, Pantai Wedi Putih, Pantai Pakisan, Pantai Bolu-Bolu, hingga Pantai Banyu Anjlok. Jangan salah, setiap pantai memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Ini  yang membuat destinasi wisata di kawasan ini layak untuk dikunjungi saat liburan.
"Selain pemandangan serta lokasi pantai yang bisa dibuat selancar, paket wisata dengan keliling pantai serta pulau inilah yang juga kami jual ke wisatawan mancanegara. Karenanya selama ini bekerjasama dengan perguruan tinggi, kami mendatangkan mahasiswa asing ke Pantai Wedi Awu ini untuk membantu promosi ke tingkat dunia," terang Made.
Tidak hanya bisa untuk bermain selancar, di Pantai Wedi Awu, wisatawan juga bisa bermain Jet Ski. Permainan Jet Ski ini aman dan sebelumnya juga sudah pernah dicoba oleh Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi. Namun, bagi yang tidak berani atau tidak bisa bermain Jet Ski atau selancar, cukup menikmati saja. Karena banyak anak-anak kecil yang masih sekolah dasar (SD), setiap harinya bermain selancar.
Bahkan beberapa waktu lalu, event selancar bertajuk 'Wediawu Festival Sport, Culture, and Tourism' digelar di Pantai Wedi Awu yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.
Selain itu, Pantai Wedi Awu juga dilengkapi dengan Surfcamp. Jadinya wisatawan yang berkunjung tak perlu repot membawa peralatan untuk menginap.
Surfcamp ini menyediakan peralatan lengkap untuk bermalam. Seperti tenda yang dilengkapi dengan kasur yang empuk, papan selancar, toilet yang bersih, serta fasilitas untuk barbekyu. Sehingga kebaradaan Surfcamp membuat pengunjung tak perlu bersusah paya membawa papan selancarnya. Cukup menyewa saja di surfcamp tersebut.
Selain itu, tempat menginapnya pun dikonsep ala glampcamp. Meski di tenda, namun pengunjung bisa merasakan kasur yang empuk dan toilet yang bersih.(agp/lim)



Loading...