Malang Post - Panorama Pantai Sendiki Pukau Wisatawan

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Panorama Pantai Sendiki Pukau Wisatawan

Sabtu, 26 Okt 2019

Malang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dianugerahi banyak pantai. Bisa dibilang pantai yang ada di wilayah Malang memiliki pesona dan estetika yang tinggi dengan pemandangan yang cantik. Garis pantai Kabupaten Malang panjangnya mencapai hingga 77 kilometer.
Di sepanjang garis tersebut berjejer pantai-pantai ikonik yang kini menjadi rujukan para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu objek wisata pantai yang patut dikunjungi adalah Pantai Sendiki.
Pantai ini memiliki pasir yang putih dan ombak yang besar. Hingga saat ini pengunjung Pantai Sendiki belum terbilang ramai dibanding beberapa pantai lainnya. Sehingga kondisi alamnya masih asri dan bersih.
Beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi pantai yang berada di daerah Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini mengaku puas dengan panorama dan keindahan Pantai Sendiki. Apalagi di sore hari, keindahan pantai sendiki memberikan satu warna keindahan saat terbenamnya matahari.

   Baca juga : Mahfud MD vs Terorisme
Hal itu diakui oleh salah satu wisatawan yang pernah berkunjung kesana. Salah satunya adalah guru SD Islam Sabilillah Malang, Rizky Rahmalia. Beberapa waktu yang lalu, ia bersama teman-temannya sesama guru SD Islam Sabilillah Malang berkunjung ke Pantai Sendiki.
"Kami terlalu siang berangkatnya. Jadi sampai disana sudah agak sore. Tapi pemandangannya sangat bagus, saat matahari sudah di ufuk barat," katanya.
Menurutnya, Pantai Sendiki layak menjadi tempat wisata. Itu karena pesona yang diberikan oleh pantai tersebut memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung.  
"Kalau ingin wisata ke pantai yang masih asri kami rekomendasikan ke Pantai Sendiki. Pantainya indah dengan pasir putihnya yang menjadi daya tarik tersendiri," ucap Rizky.
Meskipun memiliki panorama yang indah, Pantai Sendiki masih terbilang belum ramai dikunjungi. Salah satu faktornya karena lokasi pantai tersebut yang tidak mudah untuk dikunjungi. Akses jalan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.
Pantai ini tepatnya berada di Desa Tambakrejo, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di Desa Tambakrejo, ada dua pantai sekaligus yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Sendiki dan Tamban.
Jarak kedua pantai ini sekitar dua kilometer. Jika ingin pergi ke kawasan Pantai Sendiki dari kota Malang, harus menempuh jarak sekitar 68 kilometer dengan lama perjalanan dua sampai tiga jam. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena di daerah ini belum ada angkutan umum.
Dari Kota Malang rute melalui Kecamatan Pakisaji ke arah Kepanjen. Selanjutnya ke arah Kecamatan Gondanglegi, Turen dan Sumbermanjing Wetan.
Di daerah ini wisatawan sudah bisa mengikuti jalan menuju Pantai Tamban yang terdapat di daerah Tambakrejo. Ketika sampai di jalan yang mengarah ke Pantai Tamban, akan bertemu jalanan yang menurun hingga sampai di sebuah pertigaan.
Di pertigaan ini belok ke kiri dan tak lama kemudian  akan melihat sebuah pos kamling terbuat dari bambu. Dari pos kamling tersebut yang bisa masuk hanyalah sepeda motor karena jalan yang sempit. Wisatawan bisa menitipkan mobil di rumah penduduk. “Setelah berjalan sepanjang tiga kilometer akan sampai di Pantai Sendiki," imbuhnya.
Adapun harga tiket masuk Pantai Sendiki tidaklah mahal. Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Sendiki, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk biaya jasa parkir sebesar Rp 10.000 untuk roda dua.
Semua fasilitas dirawat oleh pengelola yang merupakan perangkat dusun dan juga oleh masyarakat setempat. "Fasilitasnya lumayan lengkap, ada toilet, pemandian umum, musala, camping ground dan juga warung warga," tuturnya. (imm/jon)

Editor : parijon
Penulis : imam

  Berita Lainnya





Loading...