One Day Fun Learning TK Islam Sabilillah, Ajang Kompetisi dan Penguatan Karakter | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 20 Okt 2019, dibaca : 447 , udi, imam

MALANG - One Day Fun Learning TK Islam Sabilillah diserbu oleh ratusan siswa dari TK se Kota Malang. Dalam kegiatan yang digelar Minggu (20/10) kemarin, mereka unjuk bakat dan kreativitas dalam beberapa perlombaan. Diantaranya, lomba menyusun kata, mengurutkan bilangan, mengelompokkan warna, mengelompokkan buah, lomba puzzle dan fun math.
Seluruh siswa atau peserta terlihat menikmati setiap perlombaan. Misalnya lomba puzzle. Mereka adu cepat menyusun kepingan puzzle menjadi sebuah gambar. Kecepatan menyusun dan ketepatan hasilnya menjadi tolak ukur poin yang mereka dapatkan.
Demikian juga di lomba menyusun kata. Para peserta adu teknik dan konsentrasi agar dapat menyusun kata menjadi kalimat yang benar. Sepuluh kata yang disiapkan panitia harus bisa disusun menjadi tiga kalimat. Hasilnya cukup memuaskan. Banyak peserta yang mampu menyelesaikan tugas tersebut. Namun tetap yang menjadi pemenang adalah mereka yang tercepat dengan hasil yang tepat.
Agenda One Day Fun Learning ini merupakan rangkaian dari acara HUT ke-38 TK Islam Sabilillah Malang. Ketua Pelaksana HUT ke 38 TK Islam Sabilillah, Renni Yunis A. S.Pd, mengatakan, dalam One Day Fun Learning diambil tiga terbaik dari tiap lomba sebagai pemenang. Setiap pemenang mendapat tropi dan sertifikat juara. "Sertifikat juga kami berikan kepada semua peserta sebagai partisipan," ucapnya.
Selain One Day Fun Learning rencananya juga digelar Learning Festival pada 26 Oktober 2019 mendatang, sebagai rangkaian HUT. Acara juga dimeriahkan dengan gerak jalan dan penampilan seni. "Rencana akan dihadiri oleh Wali Kota dan Kepala Dinas Pendidikan," kata dia.
Kepala TK Islam Sabilillah Malang Ana Maslicha,S.Pd mengatakan, One Day Fun Learning dilaksanakan dua kali dalam setahun. Konsepnya selain perlombaan juga mengundang anak TK dan Play Group untuk belajar bersama di TK Islam Sabilillah. "Tujuan kami dalam menggelar acara ini untuk menumbuhkan karakter anak supaya tangguh, mampu kerja keras dan percaya diri," terangnya.
Penentuan jenis lomba dibuat sesuai dengan kompetensi siswa TK yang dilaksanakan dengan konsep yang menyenangkan. Sesuai dengan mutu dan pendidikan di TKIS, kualitas lomba bermuara pada penguatan 4C dan 4R peserta didik.
4C meliputi sikap yang Creative, Critical thinking, Communicative dan Collaborative. Sedangkan muatan 4R antara lain reading, writing, arithmetic, dan reasoning. "Konsep inilah yang kita terapkan sehari-hari di pembelajaran TK Islam Sabilillah," tegasnya.
Ia berharap melalui kegiatan One Day Fun Learning masyarakat semakin mengenal TK Islam Sabilillah dengan program dan karakteristik pembelajarannya. "Harapan kami selanjutnya yaitu semakin kuatnya karakter anak dengan pembiasaan yang dibangun melalui lomba-lomba. Sehingga mereka menjadi anak yang tangguh, percaya diri dan sportif," pungkasnya. (imm/sir/udi)



Loading...