Naik Pangkat, 167 Polisi Dihajar Water Canon | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 02 Jan 2020,

MALANG – Tahun baru menjadi momen istimewa bagi 167 anggota polisi di Polresta Malang Kota dan Polres Malang. Sebanyak 62 anggota Polresta Malang Kota mengikuti upacara kenaikan pangkat, mulai dari tingkat brigadir polisi hingga perwira.
Menariknya dalam upacara tersebut, ada hal yang berbeda. Anggota yang memiliki pangkat baru diminta untuk sujud dan ‘dihajar’ water canon. Setelah itu, mereka juga sempat ditaburi oleh tepung warna-warni untuk memeriahkan suasana.
Sementara 105 anggota Polres Malang juga mendapat hadiah spesial di penghujung tahun 2019, Selasa (31/12). Mereka mendapat kado kenaikan pangkat satu tingkat. Anggota yang naik pangkat, selain Bintara juga ada perwira.
Salah satu anggota di Polresta Malang Kota yang mendapat kenaikan pangkat adalah Kasubbag Humas Polresta Malang Kota Iptu Seruni Marhaeni.  "Momen ini mengingatkan saya saat menempuh pendidikan polisi wanita di Ciputat dulu. Rasanya seru, meski sempat jatuh tadi," ujar dia sambil tertawa.
Kenaikan pangkat tersebut akan menjadi kado terakhir baginya. Sebab, tak lama lagi, perempuan yang akrab disapa Uty ini akan memasuki masa purna tugas. "Ini menambah semangat saya untuj mengabdi di Polresta Malang Kota. Apalagi, menyongsong tahun yang baru ini," paparnya.
Sementara itu, Waka Polresta Malang Kota Kompol Ari Trestiawan memberikan selamat kepada para anggota yang memiliki pangkay baru.
"Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020, beberapa anggita mendapat pangkat baru, satu tingkat dari pangkat sebelumnya. Terdiri dari 7 orang pangkat pengabdian,9 orang pangkat perwira pertama dan 46 orang pangjat bintara," jelas dia.
Upacara Korp Raport kenaikan pangkat pengabdian dan reguler anggota Polri di Polres Malang dipimpin oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung. Dengan kenaikan pangkat, Ujung berpesan kepada seluruh anggota untuk lebih meningkatkan kinerja.
"Selamat untuk anggota yang naik pangkat. Ke depan harus bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat lebih baik," ungkap Ujung.
105 anggota yang naik pangkat, adalah dari Iptu ke AKP sebanyak 6 personil, Ipda ke Iptu sebanyak 7 personil, Aiptu ke Ipda sebanyak 1 personil, Aipda ke Aiptu sebanyak 3 personel. Kemudian dari Bripka ke Aipda sebanyak 22 personel, Brigadir ke Bripka sebanyak 24 personil, Briptu ke Brigadir sebanyak 1 personil dan Bripda ke Briptu sebanyak 41 personel.
Prosesi pemasangan pangkat, tidak dilakukan oleh Kapolres Malang. Melainkan dipasangkan langsung oleh pendamping personel (suami atau istri, red) masing-masing. Begitu selesai, personel langsung mendapat ucapan selamat.
Begitu pangkat baru sudah terpasang, raut wajah kebahagiaan anggota jelas terlihat. Mereka terharu dan tak hentinya mengucapkan syukur. Bahkan anggota langsung mencium pendampingnya masing-masing.
Sebagai puncak hadiahnya, seluruh personel langsung dikumpulkan menjadi satu di halaman Mapolres Malang. Mereka diminta untuk tiarap. Setelah itu, langsung disemprot dengan menggunakan mobil water canon. Kapolres Malang, juga memberikan potongan tumpeng pada personel tertua dan termuda.(agp/tea/lim)

Editor : halim
Penulis : amanda



Loading...