MalangPost | Musrenbang Digelar Melalui Teleconference

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Musrenbang Digelar Melalui Teleconference

Minggu, 05 Apr 2020, Dibaca : 2352 Kali

BATU - DPRD Kota Batu dan Pemkot Batu akhirnya sepakat untuk menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Batu melalui video teleconference, Senin (6/4) besok. Pasalnya Musrenbang tingkat kota sempat tertunda hampir sebulan akibat pandemi Covid-19.


Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi mengatakan, pihaknya telah membahas hal tersebut bersama eksekutif untuk segera menggelar Musrenbang tingkat kota tahun 2021. Tujuannya agar perencanaan program pembangunan di Kota Batu tahun 2021 tidak terbengkalai.
"Memang seharusnya Musrenbang tingkat kota digelar pada 17 Maret lalu. Namun akibat pandemi Covid-19 harus mundur. Sesuai SOP pencegahan Covid-19 setiap kegiatan yang diikuti lebih dari 30 orang sementara ini dilarang," ujar Asmadi kepada Malang Post, Sabtu (4/4).


Setelah dilakukan pembahasan, lanjut dia, akhirnya kegiatan Musrenbang disepakati dilaksanakan pada Senin (6/4) besok melalui video teleconference. Teknisnya, pelaksanaan teleconference online melalui aplikasi zoom di ruang kerja masing-masing pejabat eksekutif dan legislatif. "Menurut kami, teknis ini sangat sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. Selain itu juga mampu mengurangi penumpukan massa sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah," beber politisi PDIP Kota Batu ini.


Sementara itu, Ketua Bappelitbangda Kota Batu, M. Chori yang dikonfirmasi membenarkan rencana pembahasan Musrenbang tingkat kota digelar melalui teleconference. Seperti halnya rapat-rapat terbatas yang sebelumnya digelar oleh eksekutif bersama Forkopimda dalam membahas Covid-19 di tiap daerah.
"Benar untuk pembahasan Musrenbang tingkat Kota Batu tahun 2021 akan digelar melalui teleconference, dan rencananya akan digelar Senin besok. Namun jadi tidaknya tergantung kesiapan perangkatnya dan tata tertibnya dewan," terangnya.


Tak hanya itu, Chori menyampaikan, kedepannya dengan mengacu situasi dan kondisi saat ini, pihaknya akan menggelar rapat hingga paripurna seperti pembahasan Perda melalui teleconference. Hal itu agar semua program yang telah direncanakan dan dijadwalkan selama tahun 2020 bisa berjalan maksimal.


Untuk diketahui, sebelum digelar Musrenbang tingkat kota telah dilaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan. Untuk Kecamatan Batu ada 556 usulan menyerap pagu anggaran Rp 49,3 miliar. Kemudian Kecamatan Junrejo dari total 150 usulan dengan jumlah anggaran Rp 33 miliar. Serta Kecamatan Bumiaji dengan total sekitar 67 usulan dengan total anggaran sekitar Rp 60 miliar, yang diungkap Camat Bumiaji masih dalam akan dikaji kembali. (eri/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Kerisdiyanto