Muhammad El-Muqtadir Ajarkan Cinta Lewat Gerakan Sufi | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Muhammad El-Muqtadir Ajarkan Cinta Lewat Gerakan Sufi

Sabtu, 11 Jan 2020,

Menebarkan 'positive vibes' bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Muhammad El-Muqtadir. Pria asal Jabung, Kabupaten Malang ini menebarkan pesan cinta melalui gerakan tari sufi. Bahkan, mampu menyedot perhatian hingga ke luar negeri. Ia berhasil membentuk sebuah komunitas tarian sufi.
Tarian yang dipopulerkan oleh Jalaluddin Ar-Rumi ini, menceritakan tentang perjalanan hidup manusia. Mulai dari lahir hingga menjelang ajal. Posisi awal menggambarkan posisi saat di dalam rahim ibu. Kemudian diteruskan dengan gerakan berputar dengan posisi tangan kanan menghadap ke atas.
Sementara, tangan kiri menghadap ke bawah. Gerakan tersebut melambangkan keselarasan dalam hidup, yakni hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan Tuhan. Sampai pada akhirnya, penari tersebut terus berputar hingga berhenti. Hal tersebut melambangkan ajal atau kematian. Bahkan, dalam gerakan sufi juga ada yang melambangkan merendahkan diri dan meminta ampunan kepada Tuhan.
“Saya paling lama berputar dua jam,” akunya.
Kepada Malang Post, pria yang akrab disapa Muham ini menceritakan kisahnya. Dimulai pada awal tahun 2010, ketika itu ia mulai tertarik dengan tarian sufi. Kemudian, ia langsung bertandang ke Jogjakarta untuk memperdalam tarian tersebut.
“Saya mondok di Pesantren Maulana Rumi untuk belajar tarian sufi. Setelah lima tahun, saya kembali lagi ke Malang,” ujar dia ketika ditemui Malang Post belum lama ini.
Anak ke lima dari sembilan bersaudara itu menguraikan, saat itu ia mempelajari tarian sufi dalam waktu yang cukup singkat, yakni sekitar tiga bulan.
“Mempelajari sufi itu sama dengan mengendalikan diri. Menekan ego sehingga membuat tarian itu enak digerakkan. Meski hanya berputar, tidak akan membuat kepala pusing,” ujar dia sumringah.
Menurut pria berusia 27 tahun ini, mempelajari tarian sufi tidaklah sulit. Sebab, menghayati gerakan tarian tersebut hanya membutuhkan keselarasan rasa dan jiwa.
“Tarian sufi itu tidak ada susahnya. Lakukan gerakannya dan nikmati alunan musiknya. Rasanya begitu tenang,” jelas dia sambil tersenyum.
Ketika kembali ke Malang, ia mulai mencoba untuk mendirikan Gubuk Sufi di rumahnya. Mulanya, yang tertarik untuk memperdalam tarian tersebut hanya empat orang, yang tak lain adalah warga kampungnya sendiri.
“Kemudian seiring berjalannya waktu bertambah jadi 20 orang dan seterusnya. Saat ini, sudah ada sekitar 400 orang,” terang dia.
Setelah terkumpul anggota yang cukup banyak, Muham langsung bergerak untuk menjalin silaturahmi dengan banyak pihak.
“Saya suka silaturahmi, terbuka dengan siapa saja. Dari berbagai perkenalan itu, akhirnya sering diundang ke beberapa tempat,” terang pria yang pernah mendapat beasiswa di Universitas Indonesia ini.
Setelah manggung di beberapa tempat di Indonesia, gerakan tarian sufi Muham dan kelompoknya yang dari Gubuk Sufi Jabung ini, akhirnya mulai dikenal banyak orang. Bahkan cukup eksis di media sosial.
“Akhirnya, mulai tahun 2016, sering manggung di Malaysia, Singapura hingga Hongkong. Kadang berangkat sendiri atau sama satu orang teman,” lanjut dia.
Melalui tarian tersebut, ia ingin mengajarkan pesan perdamaian dan kerukunan. Sebab, melalui tarian sufi mengajarkan tentang keindahan.
“Seluruh manusia yang hidup di dunia, dari berbagai ras dan agama harus hidup damai dan rukun. Pesan ini saya coba sebarkan melalui tarian yang saya bawa,” lanjut dia.
Ke depan, pria kelahiran tahun 1992 ini ingin terus menebarkan pesan damai ke seluruh pelosok dunia melalui tarian sufi.
“Ke depan, tentunya ingin komunitas gubuk sufi terus bertambah personelnya. Serta, ingin menebarkan pesan cinta dan damai hingga ke seluruh pelosok negeri. Kalau ditanya kapan, saya nurut waktu yang sudah ditentukan Allah,” tandas dia.(Amanda Egatya/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Amanda Egatya

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...