Motor Konslet, Rumah Terbakar

Selasa, 02 Juni 2020

  Mengikuti :


Motor Konslet, Rumah Terbakar

Senin, 10 Feb 2020, Dibaca : 795 Kali

MALANG - Kebakaran menghebohkan warga Jalan Margosingo, Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen, Minggu (9/2/2020) malam. Rumah milik Sumatno, 60, mengeluarkan asap tebal dan membuat panik masyarakat sekitar. Petugas Damkar Kabupaten Malang yang mendapat laporan, segera meluncur ke lokasi.
“Kami menerima laporan pukul 17.45 WIB, tiba di lokasi pukul 18.00. Saat itu api masih menyala, asap juga mengepul. Seketika kami langsung melakukan pemadaman,” ujar Kasi Penanggulangan Kebakaran Bidang PPBK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus Suyanto kepada Malang Post, Senin (10/2).
Ambon, sapaan akrabnya memaparkan, rumah milik Sumatno menghitam karena asap dan karbon dari berbagai benda di dalam rumah yang terbakar. Terutama sepeda motor yang hangus dan tinggal kerangka.
“Butuh waktu sekitar satu jam untuk menjinakkannya. Api padam sekitar pukul 19.00,” tandas Ambon. Dia menyebut, petugas langsung mencari sumber api begitu pemadaman usai. Hasil pencarian awal, petugas mendapati motor di dalam rumah, yang paling hangus terbakar.
Berdasar pengamatan itu, petugas membuat indikasi bahwa sumber api adalah konsleting listrik kabel kendaraan bermotor. Api yang muncul langsung membara dan menjilat bahan mudah terbakar di dalam rumah. Untungnya tidak sampai ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
Hanya saja, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. “Perkiraan korban kerugian materi sekitar Rp 50 juta,” katanya.  Usai pemadaman, petugas lalu kembali ke markas. Ambon mengimbau, masyarakat selalu waspada dan berhati-hati ketika meninggalkan rumah. Termasuk segera melaporkan, ketika ada peristiwa kebakaran.(fin/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Fino Yudistira