Monumen Ondel-Ondel | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 21 Nov 2019, dibaca : 300 , halim, Kerisdiyanto

Beberapa grub di media sosial Facebok mendadak ramai dan heboh. Pasalnya sebuah akun bernama Eko Saif Reborn (fb.com/eko.saif.7) mengunggah sebuah foto patung ondel-ondel lengkap dengan narasi yang mengklaim bahwa patung tersebut buatan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.
Dalam foto yang diposting tersebut menampilkan dua patung ondel-ondel raksasa yang ada di sebuah bundaran lalu lintas. Serta dilengkapi dengan narasi : "Monumen Ondel-Ondel di Kemayoran, sebuah kreasi anak bangsa bernama Anies Baswedan."
Namun setelah ditelusuri, foto yang diunggah dari sumber akun Facebook Eko Saif Reborn memang benar bahwa dua patung raksasa yang ada di foto itu adalah patung ondel-ondel raksasa yang merupakan ikon kebudayaan Betawi. Patung itu dipasang di kawasan eks bandara, Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Namun yang tidak sesuai dengan fakta bahwa narasi "sebuah kreasi anak bangsa bernama Anies Baswedan" tidak benar atau hoax. Pasalnya patung ini didirikan oleh Pusat Pengelolah Komplek Kemayoran (PPKK) dengan melibatkan sejumlah seniman dan budayawan pada Desember 2013 dan diresmikan pada 17 Januari 2014.
Sehingga disimpulkan bahwa patung ondel-ondel raksasa itu bukan buatan dari Anies Baswedan. Patung ondel-ondel raksasa tersebut berukuran tinggi 9 meter dan berdiri di atas pondasi setinggi 4 meter dibuat oleh seniman dan budayawan dan Pusat Pengelolah Komplek Kemayoran (PPKK).
Dengan total tinggi patung mencapai 13 meter ini membuat ondel-ondel Kemayoran dinobatkan sebagai ondel-ondel terbesar yang pernah ada di Indonesia dan memenangkan rekor MURI pada waktu itu. (eri/lim)



Selasa, 03 Des 2019

Ray Ban Diskon 90 Persen

Sabtu, 30 Nov 2019

Heboh Pernikahan Sejenis

Loading...