MalangPost - MIT Ar-Rohman Lawang Menuju Generasi Global Qurani dengan Tuai Prestasi

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


MIT Ar-Rohman Lawang Menuju Generasi Global Qurani dengan Tuai Prestasi

Sabtu, 07 Des 2019, Dibaca : 1203 Kali

Sebelas tahun mungkin waktu yang relatif pendek bagi sebuah sekolah untuk langsung melejit menjadi sebuah lembaga yang besar. Namun diawali dengan banyak keterbatasan, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang yang terletak di Jl. Monginsidi 2 Lawang kabupaten Malang ini mampu membuktikan diri menjadi madrasah favorit.
Di usia ke-11, MIT Ar-Roihan Lawang terkenal dengan serangkaian program unggulan; seperti program tahfidz, program inklusi, dan menjadi madrasah dengan program ekstrakurikuler terbanyak dengan 30 pilihan ekstra. MIT Ar-Roihan Lawang telah mencatatkan diri sebagai satu di antara sedikit madrasah inklusi di Jawa Timur dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3211 tahun 2016. MI ini juga berhasil menorehkan nama di tingkat nasional dan internasional melalui karate, literasi, dan robotik.
Kurikulum yang dirancang di madrasah ini menggunakan humanistic approach dimana semua anak yang menjadi peserta didiknya diyakini mempunyai potensi masing-masing yang perlu dikembangkan.
Tanpa seleksi calistung dan hanya berdasar pada kuota jumlah penerimaan, tahun ajaran 2019/2020 ini jumlah peserta didik di MIT Ar-Roihan sebesar 698 siswa, dari kelas 1 hingga kelas 6.
 Untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa, maka ekstrakurikuler yang ada di madrasah ini dikembangkan menjadi 30 macam pilihan bidang. Mulai dari bidang olahraga (futsal, badminton, basket, karate, panahan, catur, dan lainnya), bidang seni (menggambar, kaligrafi, animasi, musik, mendongeng, al-banjari, drumband, tari, dan lainnya), serta lifeskill (memasak, merajut, creative writing, dokter kecil, english club, science club, dan sebagainya), dan ekstra wajib seperti pramuka dan keputrian, banyaknya ekstra pilihan itu bukan hanya menjadi wadah siswa untuk berkreasi, namun juga membuahkan segudang prestasi.
Prestasi yang ditorehkan oleh siswa tentu beragam, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. “Kita menjadikan olahpikir, olahraga, dan olahrasa seimbang di madrasah ini dan terus digali dari setiap peserta didik agar berprestasi.” Demikian yang disampaikan oleh Farid Afandi, ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Ar-Roihan yang menaungi MIT Ar-Roihan.
 Pramuka menjadi penyumbang prestasi terbanyak karena di setiap even Pramita (Pramuka MIT Ar-Roihan) kerap menunjukkan kemampuannya yang selalu pulang berkompetisi membawa kemenangan. Robotik juga tak kalah garang, hampir di setiap even regional, nasional, bahkan internasional, tim robotik Ar-Roihan dipastikan selalu membawa medali. Di antaranya national competition Sinar Mas Academy Serpong 2018 dan 2019, Kompetisi Robotik Kemenag 2018, dan Robotic and First Lego League (FLL) di Canadian International School Singapore 2018 dan 2019.
 Karate juga banyak menyumbangkan medali baik perunggu, perak, dan emas di ajang nasional dan internasional, seperti Surabaya International Open 2019. Juga meraih juara 2 dalam Kompetisi Nasional Robotik Madrasah di Surabaya tahun 2019, sementara creative writing membuktikan diri dengan memenangi kompetisi nasional Write a Story Penerbit Airlangga 2018 dan Literasi Anak YDSF 2019.
Sebagai sekolah berbasis agama, program tahfidz menjadi program unggulan di madrasah ini. Hampir setiap minggu diadakan munaqosah untuk siswa yang berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an baik juz 30, juz 29, dan juz 28. Bahkan terdapat juga kelas akselerasi tahfidz di tiap jenjang dengan target lulus dengan hafalan 10 juz Qur’an.
Tidak mengherankan jika banyak institusi dan lembaga yang banyak berkunjung ke madrasah ibtidaiyah ini untuk melakukan study banding, observasi dan penelitian tentang banyak hal di MIT Ar-Roihan Lawang. Mereka yang berkunjung bukan hanya berasal dari Pulau Jawa saja, tetapi juga dari provinsi lain dari Indonesia seperti dari Nusa Tenggara Barat, Lampung, hingga Papua.
Akhirnya dengan semangat madrasah hebat bermartabat, MIT Ar-Roihan harus tetap membuktikan diri bahwa madrasah juga dapat maju dan berprestasi.(*)


Daftar Prestasi yang diraih dalam  Lomba Pramuka OSCAR OPEN 2019 di SMPN 1 Singosari  tingkat SD/MI Se-Jatim:

1. Juara 1 Video Trailer Contest
2. Juara 1 Poster Milenial Putra
3. Juara 1 Poster Milenial  Putri
4. Juara 2 Poster Milenial Putra
5. Juara 2 Game Estafet Straw Putra
6. Juara 3 Photo Action Contest
7. Juara Harapan 2 Morse Semaphore Putri
8. Juara Harapan 3 Regu Putra
9. Juara Harapan 3 Scout Olympic Putra
10. Juara Harapan 3 Scout Olympic Putri
11. Juara Umum Pra Oscar , Piala Bergilir Kamabigus SMPN 3 Singosari
12. Juara Umum Pangkalan Kreatif, Inovatif, Edukatif. Piala Bergilir Kapolsek Singosari

Editor : Redaksi
Penulis : mp