Malang Post - Menjaga Kekompakan Tim

Minggu, 05 April 2020

  Mengikuti :


Menjaga Kekompakan Tim

Senin, 28 Okt 2019

SALAH satu kekuatan pemimpin terletak pada cara menjaga kekompakan tim. Tujuannya untuk mencapai hasil terbaik. Pimpinan harus memiliki cara khusus agar setiap anggota tim mampu bergerak menggapai target yang ditentukan.
Manager PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Malang, Mohammad Eryan Saputra ST mengutamakan kekompakan tim. Menurutnya, hal tersebut penting bagi seorang pemimpin.
"Kuncinya harus bisa menjaga kekompakan tim agar kerja selesai sampai tuntas. Jadi bagaimana mengkoordinasikan tim dengan baik," kata Eryan saat berbincang dengan Direktur/Pemred Malang Post Dewi Yuhana dan tim, Jumat (25/10) lalu.  

   Baca juga : Dekat Keluarga, Kerja Lebih Fokus


Tanpa koordinasi yang baik dalam sebuah tim, lanjut dia, target pencapaian akan sangat sulit untuk dicapai. Maka dari itu, pimpinan harus memiliki cara khusus agar setiap anggota tim mampu bergerak sesuai dengan capaian target yang telah ditentukan. Setiap anggota tim harus terus dipantau agar bisa menjalankan tugas sesuai kapasitas. Sehingga mendapatkan hasil maksimal.
"Saya memberikan kewenangan penuh agar mereka bisa bekerja sesuai job desk masing-masing. Jadi saya support,” lanjut pria asli Palembang ini.
Eryan juga memiliki prinsip dasar yang selalu dipegangnya ketika menjalankan pekerjaan. Yakni harus menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tuntas. Bagaimana pun caranya harus diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan. Prinsip tersebut juga ia tanamkan kepada seluruh tim atau karyawan yang berada di bawah kepemimpinannya.
"Prinsip saya segala sesuatu harus bisa dikerjakan sampai selesai, jangan sampai meninggalkan pekerjaan rumah. Pekerjaan harus selesai sampai tuntas. Karena urusannya dengan kepuasan pelanggan," tandas pria yang bergabung di PLN sejak tahun 2003 ini.

   Baca juga : Kebakaran di Kawah Ijen Capai 1.000-an Hektare


Meskipun PLN merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah memiliki sistem baik dan rapi, namun harus tetap memerlukan optimalisasi sistem. Apalagi PLN mengurusi hak mendasar kebutuhan masyarakat era modern, yakni pasokan listrik. Kesalahan atau insiden kecil yang terjadi dapat berpengaruh besar pada masyarakat sebagai pengguna listrik.
"Secara sistem memang sudah tertata dengan baik, ya tapi bagaimana cara kita membuat sistem tersebut semakin baik. Sehingga pelanggan tidak terganggu," papar pria yang sempat ditempatkan di PLN kawasan Ambon Maluku Utara selama 10 tahun ini.
Prinsip dan komitmen Eryan juga untuk menghadapi tantangan terberat  PLN. Yakni menjaga pasokan listrik tetap stabil. Sehingga tidak merugikan pelanggan.
Sebab saat ini masyarakat membutuhkan pasokan listrik yang stabil. Ini seiring dengan kemajuan teknologi dan peralatan elektronik canggih. Selain itu, menurutnya, PLN juga dituntut menjual listrik semaksimal mungkin sesuai target yang ditentukan.
Pimpinan PLN dengan wilayah kerja Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, sebagian kawasan perbatasan Kabupaten Lumajang, hingga sebagaian kawasan Kabupaten Blitar ini membeber tantangan lain. Yakni PLN saat ini sedang mengenalkan energi listrik sebagai energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Khususnya untuk kebutuhan manusia sehari-hari.
"Kita coba kampanyekan green energi, karena listrik tidak menghasilkan asap dan tidak menggunakan BBM. Kita ikut mengenalkan kompor listrik, hingga motor listrik ke masyarakat," katanya.(asa/van)

Editor : vandri
Penulis : asa

  Berita Lainnya





Loading...