Menikmati Keindahan Pantai Watu Leter | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 28 Des 2019,

LIBURAN wisata ke pantai, tidak harus jauh datang ke Pulau Dewata Bali. Cukup pergi ke Malang Selatan saja, pengunjung bisa puas. Banyak destinasi wisata pantai yang bisa menjadi jujugan, salah satunya adalah Pantai Watu Leter.
Seperti liburan wisata keluarga besar warga RT 14 RW 11, Jalan Tanjung Putra Yudha 5, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun. Mereka memilih liburan akhir tahun, dengan mendatangi Pantai Watu Leter. Selain karena pantainya yang masih baru dan belum banyak dikunjungi wisatawan, juga ingin menikmati suasana yang berbeda.
"Nglencer bareng warga ini, sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Sudah banyak pantai di Malang Selatan yang kami datangi. Untuk liburan tahun ini, kami mencoba pelesir ke Pantai Watu Leter," ungkap Prapti, istri Ketua RT 14.
Menurut Atik, sapaan akrabnya, pantai Watu Leter, ternyata memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pantainya bersih dan indah. Cocok untuk pelesir bersama keluarga ataupun anak-anak.
"Karena di Pantai Watu Leter ini, kita dan anak-anak bisa bermain air. Wisata ke pantai ini, juga bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa," ujarnya.

   Baca juga : Bisa Berkemah dan Melihat Penyu


Pantai Watu Leter berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lokasinya tidak jauh dengan Pantai Goa Cina. Pantai ini, memang belum familiar seperti Pantai Goa Cina, yang sering kali dikunjungi oleh wisatawan.
Penamaan pantai ini, berhubungan dengan kenyataan adanya tebing batu. Tebing batu tersebut memiliki bagian datar di ujungnya. Tebing yang terletak di tengah laut itu menjadi sangat mencolok berkat bentuk datarnya.
Dari keberadaan batu datar inilah kemudian pantai ini diberi nama Watu Leter. Dalam bahasa lokal Watu berarti batu, dan Leter berarti datar. Selain Watu Leter, masyarakat lokal kadang menyebutnya dengan nama Pantai Ngleter.
Jarak Pantai Watu Leter dari Kota Malang, sekitar 60 kilometer. Jika ditempuh dengan motor, waktu tempuh sekitar dua jam. Sedangkan dengan mobil bisa ditempuh sekitar tiga jam.
Menuju lokasi pantai ini, bisa ditempuh dari dua arah. Pertama lewat Kecamatan Bantur, arah menuju Pantai Balekambang. Kedua bisa lewat Kecamatan Sumbermanjing Wetan, arah Pantai Sendangbiru.
Setelah itu, untuk sampai ke Watu Leter, harus melewati Pantai Goa Cina. Di sepanjang perjalanan akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan dengan jalan yang berkelok-kelok.
Selain itu ada juga sawah-sawah yang luas yang memisahkan jalan raya dengan perbukitan. Pastinya wisatawan akan menikmati, karena jalur yang dilalui cukup menarik dan menantang.
Tiket masuk ke Pantai Watu Leter ini, juga relatif murah. Tidak sampai menguras kantong. Satu orang tarif masuknya sebesar Rp 10 ribu, tetapi bisa menikmati liburan sepuasnya.
"Pokoknya kalau datang ke pantai ini, sama sekali tidak rugi dan kecewa. Karena suguhan keindahan alamnya sangat luar biasa," paparnya.(agp/jon)

Editor : Parijhon
Penulis : Agung



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...