Memperkuat Karakter Siswa dengan Birontal

Selasa, 02 Juni 2020

  Mengikuti :


Memperkuat Karakter Siswa dengan Birontal

Senin, 10 Feb 2020, Dibaca : 864 Kali

MALANG - Muatan pendidikan tidak cukup hanya mengembangkan potensi di bidang akademik dan non akademik. Bagi lembaga yang sangat mementingkan nilai pendidikan sikap dan moral para siswanya, pendidikan harus ditambah dengan pendidikan karakter bagi siswa.
SDK Mardi Wiyata 1 menjadi sekolah yang mengedepankan unsur tersebut. Setelah pekan lalu memberikan kesempatan pada anak didiknya mengembangkan bakat dan kreativitas dalam panggung talent show, di Minggu depan sekolah di Jalan Jaksa Agung Suprapto ini bakal menggelar even yang lain, yakni kegiatan bina rohani dan mental (Birontal) yang berorientasi pada pembinaan nilai-nilai religius. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai 18 Februari di Rumah Retret Susteran St. Maria Magdalena Postel Tidar. Sasarannya seluruh siswa SDK Mardi Wiyata 1 dengan tema dan materi yang berbeda.
“Banyak tujuan dari kegiatan ini, diantaranya yang penting membina sikap mandiri bagi kelas kelas 1 dan memperkuat mental siswa kelas 6 yang akan mengikuti ujian sekolah (US) dan ujian sekolah berbasis computer (USBK)," kata Kepala SDK Mardi Wiyata 1 Edik Joko Yuhono, S.Pd.
Waka Kesiswaan SDK Mardi Wiyata 1 Thomas Anton Wibowo, S.S., menambahkan, program Birontal tidak hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun, akan digelar setiap Minggu di setiap bulannya. Bahkan kata dia, ada juga yang harian. "Jadi yang setiap tahun ini puncaknya, kita gelar dua hari dengan sistem pisah asuh dengan orang tua," terangnya.
Dijelaskannya, pisah asuh artinya untuk sementara waktu siswa berpisah dengan orang tuanya. Mereka tinggal dua hari bersama teman-temanya dan menginap di tempat dilaksanakannya acara.
Selama berpisah dengan orang tua, siswa SDK Mardi Wiyata 1 dilatih untuk mandiri, kerjasama yang baik dengan teman, disiplin dan bertanggung jawab.
“Jauh dari orang tua akan memaksa anak untuk mandiri, mereka juga dituntut untuk bisa bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri, minimal terhadap barang-barang mereka,” terang Anton.  
Kelas 1 akan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Februari, kelas 2 tanggal 24 dan 25 Februari, kelas 3 tanggal 27 dan 28 Februari dan kelas 6 tanggal 21 dan 22 Februari. Dalam kegiatan tersebut siswa kelas 1, 2 dan 3 akan dibina oleh Rm. Hermanto, CDD. Sedangkan siswa kelas 6 dibina oleh Rm. Vidi, Pr.  "Untuk kelas 4 dan 5 akan kita gelar setelah PTS, waktu dan pematerinya menyusul," kata dia. (imm/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi