MalangPost - Masih Ada Formasi Kosong, Seleksi CPNS Kembali Dibuka 2020

Selasa, 11 Agustus 2020

  Mengikuti :

Masih Ada Formasi Kosong, Seleksi CPNS Kembali Dibuka 2020

Selasa, 10 Des 2019, Dibaca : 7008 Kali

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyatakan kemungkinan pembukaan seleksi CPNS pada 2020. Seleksi CPNS ini bakal dibuka jika masih ada instansi atau pemerintahan daerah yang membutuhkan.
"Kalau ada yang kebutuhannya masih banyak, maka tahun depan akan kami buka lagi. Tapi kalau yang ini (seleksi CPNS 2019) sudah selesai," ujar Tjahjo di Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12).
Berkaca dari seleksi tahun lalu, kata Tjahjo, masih ada formasi di daerah yang kosong karena banyak peserta yang tak lolos seleksi. Hal itu tak lepas dari ambang batas nilai atau passing grade yang dianggap terlalu tinggi. Sementara kebutuhan untuk pengisian formasi itu terbilang cukup mendesak. "Tahun kemarin banyak daerah yang tidak lulus semua. Ada juga mungkin yang kenapa minatnya kecil? Kan sekarang banyak yang diminta jurusan IT," katanya.
Kendati demikian, politikus PDIP itu tak dapat memastikan waktu pelaksanaan seleksi CPNS 2020. Saat ini pihaknya masih fokus menyelesaikan proses seleksi CPNS 2019.
Nantinya seleksi CPNS 2020 akan tetap diprioritaskan bagi tenaga guru, kesehatan, dan tenaga penyuluh. "Kita utamakan untuk tenaga guru, kesehatan, penyuluh. Nanti kalau yang ini sudah, kita buka lagi," ucapnya.
Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 telah dimulai pada 11 November 2019 sampai 30 November 2019. Ada 152 ribu formasi yang dibuka. Pendaftaran dilakukan secara online lewat situs resmi sscn.bkn.go.id. (dtc/ra/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : dtc