Maruf Amin Mundur Setelah Dilantik - Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 11 Okt 2019, dibaca : 921 , halim, kris

MALANG - Tanggal 20 Oktober Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih baru akan dilantik. Namun media sosial sudah digemparkan dengan adanya postingan di Facebook yang menyebar informasi bahwa Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin akan mengundurkan diri setelah dilantik.
Informasi tersebut disebarkan oleh akun Facebook Mbah Sangkil yang mengunggah tautan artikel dari situs kabarislamnews.com yang berjudul "KH. Ma'ruf Amin Akan Mengundurkan Diri Setelah Di Lantik".
Unggahan tersebut dilengkapi dengan narasi sebagai berikut :
"Ternyata benar Pridiksi, Ma’ruf Amin hanya buat cari suara doang setelah itu akan diganti.."
Namun setelah ditelusuri oleh Malang Post, informasi tersebut adalah tidak benar atau hoax. Faktanya Ma'ruf Amin mundur dari jabatan Ketua MUI. Bukan dari jabatan Wakil Presiden seperti yang dalam unggahan tersebut.
Sebelumnya, dari berbagai sumber yang didapat Ma'ruf Amin sudah menyatakan mundur dari Rais Aam PB NU setelah ditetapkan sebagai cawapres mendampingi Joko Widodo. Namun saat itu, Ma'ruf menyatakan tetap menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan baru akan mundur jika terpilih menjadi wakil presiden.
"MUI peraturan beda. Dia tidak boleh merangkap, jadi mungkin nanti saya mengundurkan diri pada saat saya sudah ditetapkan sebagai wapres," ujar Ma'ruf usai rapat pleno di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, bulan lalu.
Menurut Ma'ruf, aturan di MUI tidak mewajibkan Ketua Umum mengundurkan diri saat masih berstatus sebagai calon wakil presiden. Tapi dirinya akan mundur kalau sudah terpilih.
KH Ma'ruf Amin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Rais Aam PBNU dua hari setelah ditetapkan KPU sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo. Menurut Jadwal, rencananya pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang. (eri/lim)



Rabu, 20 Nov 2019

Bikin Bahagia dengan Masakan

Loading...