Marc Marquez Start Terdepan | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 19 Okt 2019, dibaca : 11055 , parijon, net

TOKYO - Marc Marquez sukses tampil dominan dalam sesi kualifikasi GP Jepang 2019 yang digelar Sabtu (19/10). Dalam sesi yang berlangsung di Twin Ring Motegi itu, Marc Marquez langsung tampil menggebrak sejak Q2 dimulai.
Pembalap asal Spanyol ini sudah membukukan waktu tercepat pada kesempatan (run) pertamanya turun ke lintasan. Bahkan Marc Marquez terus mempertajam catatan waktunya sehingga makin menyulitkan pembalap lain untuk mengejar.
Marc Marquez pada akhirnya sukses mengamankan pole position GP Jepang 2019 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 45,763 detik. Ini menjadi kali kesepuluh The Baby Alien bakal start terdepan dalam gelaran MotoGP 2019 yang pekan ini memasuki seri ke-16.
Sementara itu, posisi start kedua dan ketiga secara berurutan diduduki oleh duo pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.
Kualifikasi dibuka dengan Q1 yang diikuti oleh 13 pembalap dengan catatan waktu kombinasi paling lambat dari tiga sesi latihan bebas yang sudah digelar. Dalam sesi Q1, para pembalap berlomba mencatat waktu tercepat demi memperebutkan dua slot tampil pada Q2.
Duo pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami, semula mampu menguasai jalannya sesi Q1. Dua pembalap satelit Honda itu secara konsisten berada di posisi dua besar dan diproyeksi dapat lolos ke fase kualifikasi selanjutnya.
Akan tetapi, rencana itu buyar sesaat sebelum Q1 berakhir berkat penampilan pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Di saat-saat terakhir, Rins mampu mencatatkan waktu 1 menit 46,964 detik yang menggeser Takaaki Nakagami ke tempat ketiga.
Nakagami sendiri tak mampu membalas lantaran sudah melakukan putaran terakhir dan sesi Q1 sudah berakhir. Sementara itu, satu slot lolos ke Q2 ditempati oleh Cal Crutchlow yang tampil tercepat dengan catatan 1 menit 46,695 detik.
Setelah jeda sejenak sesi kualifikasi GP Jepang 2019 kembali bergulir dengan sesi Q2 yang diikuti 12 pembalap. Seolah tak ingin buang waktu, sejumlah pembalap langsung memanfaatkan sesi tersebut untuk melakukan time attack.
Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi salah satu pembalap yang langsung tampil menggebrak lewat catatan waktu 1 menit 46,980 detik yang menempatkannya sebagai yang tercepat.
Juara dunia MotoGP 2019 itu terus mempertajam catatan waktunya hingga mencapai 1 menit 45,794 detik yang sekaligus memperlebar gap dengan pembalap penghuni posisi kedua. Sejumlah pembalap sebenarnya telah berupaya untuk mencatatkan waktu tercepat demi menggeser dominasi Marc Marquez.
Trio pembalap Yamaha, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Fabio Quartararo, yang tampil dominan pada dua sesi latihan bebas pertama pun telah berupaya. Akan tetapi, tak ada satu pun di antara mereka yang mampu membukukan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi.
Justru Marc Marquez mampu mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 45,763 detik yang membuatnya makin tak terkejar. Hingga sesi kualifikasi berakhir, catatan waktu milik Marquez itu tak dapat digeser oleh pembalap MotoGP lain. (sfc/jon)



Loading...