MalangPost - Manfaatkan Vlog untuk Promosi Usaha IKM

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Manfaatkan Vlog untuk Promosi Usaha IKM

Rabu, 06 Nov 2019, Dibaca : 17745 Kali

MALANG - Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membuat promosi usaha. Salah satunya melalui foto maupun video blogger (vlog) yang dapat di share melalui media sosial atau pesan berjejaring yang tengah populer saat ini.

Hal tersebut membuat Dinas Perindustrian Kota Malang menggelar Workshop Vlog Untuk Promosi Usaha di Hotel Pelangi Kota Malang, Rabu (6/11) kemarin. Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Malang, Slamet Husnan mengungkapkan, workshop itu melibatkan puluhan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ingin belajar langsung bagaimana cara membuat vlog yang menarik.
"Kami menghadirkan seorang Youtuber Kota Malang sebagai instruktur pembuatan vlog," terang Slamet kepada Malang Post.
Menurutnya, cara milenial tersebut dilakukan sebagai salah satu cara mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) yang telah dicanangkan sejak tahun 2017 oleh pemerintah pusat. Apalagi, saat ini Kota Malang telah dicanangkan sebagai Kota Kreatif di Indonesia. "Tentunya, ini juga sesuai dengan visi misi Kota Malang dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan berkemajuan," jelas dia.
Slamet meminta para peserta memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Serta bisa menonjolkan kreatifitas agar perkembangan ekonomi krearif bisa dirasakan oleh IKM. "Melalui pelatihan ini, mudah-mudahan bisa membantu para pelaku IKM untuk melakukan branding dan promosi," lanjut dia.
Ia menilai, hal tersebut cukup efektif dilakukan. Apalagi, perkembangan subsektor videografi terus bertumbuh di Kota Malang. "Dengan adanya kolaborasi ini, semoga bisa bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian di Kota Malang," jelasnya.
Sementara itu, Faris Montis, youtuber dengan channel Faris Kota Malang memberikan materi yang cukup menarik. Ia mengajak para pelaku IKM untuk memulai membuat vlog dan membuat channel di akun Youtube. "Media vlog memiliki peluang yang cukup banyak. Memang masih baru," terang dia.
Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan mulai dari sekarang. Sehingga, hasilnya bisa dirasakan pada tiga hingga lima tahun ke depan. "Yang jelas harus memiliki target market yang jelas dan memanfaatkan peluang yang ada. Apalagi melalui sosial media yang tidak ada batasnya," tandas dia.(tea/red/aim)

Editor : aim
Penulis : amanda