Maling Spesialis Kotak Amal Diringkus

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Selasa, 08 Okt 2019, dibaca : 654 , halim, agung

MALANG - Spesialis maling kotak amal di Masjid dan Musala, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Turen Kabupaten Malang, Senin (7/10). Tersangkanya Ngatiri, 33, warga Jalan Alpukat, Dusun Betek, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen.
Dia diringkus petugas di rumahnya. Barang buktinya, polisi mengamankan dua buah kotak amal. Yakni kotak amal di Masjid Al-Falah dan Musala Nurul Iman, Desa Pagedangan Kecamatan Turen.
"Kasusnya saat ini masih kami kembangkan. Karena ada banyak TKP pencurian yang dilakukan oleh tersangka," ujar Kanitreskrim Polsek Turen, Iptu Soleh Mashudi.
Informasi yang diperoleh, tersangka Ngatiri ini adalah maling spesialis kotak amal. Sasarannya adalah Masjid serta Musala di wilayah Desa Pagedangan Kecamatan Turen. Aksi pencuriannya dilakukan sejak bulan April sampai September 2019 lalu.
Selama lima bulan tersebut, sementara tersangka baru mengakui beraksi di lima TKP. Yakni Masjid Al Falah pada 9 April dengan menggondol uang Rp 2 juta. Lalu, kotak amal di TPQ Nurul Huda pada 1 April menggondol uang Rp 1 juta.
Kemudian di Musala Nurul Iman pada 22 Mei menggondol uang Rp 2,5 juta. Di Musala Hayatul Huda pada 5 Juli mendapat uang Rp 2 juta. Dan di Masjid Babussalam pada 20 September mendapat uang Rp 1 juta.
"Sementara baru 5 TKP saja yang diakui. Tetapi saya yakin masih banyak TKP pencurian lainnya," tutur mantan Kanitreskrim Polsek Dampit ini.
Dari seluruh TKP pencurian tersebut, semuanya dilakukan pada tengah malam. Modus operandinya, tersangka datang ke Masjid dengan berpura-pura salat. Ketika melihat situasi sepi, tersangka langsung beraksi dengan mencongkel kotak amal.
Terungkapnya aksi pencurian kotak amal ini, bermula dari laporan pengurus Masjid dan Musala. Kemudian polisi menindaklanjuti dengan meminta keterangan sejumlah saksi. Dari keterangan saksi, akhirnya mengerucut pada tersangka.
"Setelah kami pastikan bahwa pencurinya adalah Ngatiri, akhirnya tersangka langsung kami tangkap di rumahnya. Dia mengakui aksi pencurian kotak amal tersebut," jelas mantan Kasubag Humas Polres Malang ini, sembari mengatakan bahwa uang hasil curian sudah habis untuk keperluan pribadi tersangka.(agp/lim)



Minggu, 20 Okt 2019

Jual HP di Facebook Ditangkap

Loading...