Malang Raya Minta Lanjutkan Infrastruktur | Malang Post

Jumat, 15 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 21 Okt 2019, dibaca : 630 , vandri, sisca

Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko Msi, ikut bersyukur pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI  berjalan lancar dan aman. Setelah pelantikan, dia berharap roda pemerintahan berjalan dengan baik dan program-program segera terlaksana.
Dewanti berharap, program yang belum selesai 100 persen bisa terselesaikan dalam kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin setelah pelantikan.  Mengenai infrastruktur, Jokowi sudah membangun akses tol di berbagai lokasi. Tol tersebut memang belum menyentuh Kota Batu. Namun Dewanti tidak terlalu berharap ada jalan tol hingga Kota Batu. Pihaknya lebih menginginkan jalan arteri karena itu lebih menguntungkan dari sisi ekonomi kepada banyak pihak.
‘’Misalnya tol cukup sampai di Karanglo. Jalan arteri ke Kota Batu kemudian diperlebar sehingga arus lalu lintas lebih lancar. Jalan arteri lebih menguntungkan sisi perputaran ekonomi. Batu ini relatif kecil dan lokasi juga sayang jika harus terbelah jalan tol,’’ katanya.

Baca Juga : Jokowi Ancam Pecat Pejabat Lelet


Orang nomor satu di Pemkot Batu ini menginginkan, program bantuan kepada desa atau kelurahan terus bergulir. Untuk pemerintah desa, selama ini mendapatkan Dana Desa. Ada juga bantuan dalam program lain termasuk ke kelurahan. Program kepada desa dan kelurahan sangat bermanfaat untuk kesejahteraan warga.
Begitu juga dengan pertanahan. Program Jokowi sudah dikenal dengan pengadaan sertifikasi tanah kepada masyarakat. Selama pemerintahan lima tahun lalu, sertifikasi ini tentu belum bisa selesai 100 persen. Selama lima tahun ke depan itulah, program pertanahan harus selesai dan itu sangat menguntungkan masyarakat.
‘’Dari sisi hukum. Saya berharap program Presiden mengenai hukum tetap berjalan seperti kepemimpinan sebelumnya,’’ tegas Dewanti.  
Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji berharap kesuksesan kerja Presiden RI Periode 2019 – 2024 dapat tercapai. Secara global, nasional hingga regional ke daerah-daerah. Beberap sektor pembangunan yang diharapkannya dikonsenkan adalah sektor ekonomi.  “Prioritas utama adalah penguatahan ketahanan. Ketahanan ekonomi,” ungkap Sutiaji kepada Malang Post.
Hal ini dimaksudkannya pada penguatan di bidang ekonomi. Apa yang sudah dilakukan selama ini sudah sangat baik. Dengan pengembangan dan semangat penguatan ekonomi kreatif. Yang juga dilakukan dan difokuskan di Kota Malang.
Sutiaji berulang kali menjelaskan jika masa depan memang terletak pada dunia digital. Kedepan ekonomi kreatif akan dikembankan pula untuk membantu perekonomian masyarakat daerah. Yang diharapkan dapat berkembang ke skala nasional pula. “Kota Malang siap untuk ini dan memang sudah menuju kesana,” tegasnya.
Kemudian Sutiaji juga berharap adanya penguatan peradaban. Hal ini berkaitan dengan pengembangan SDM dan juga penguatan infratsruktur. Pengembangan infrastruktur seperti yang selalu diinginkan Malang Raya seperti trasnportasi massal hingga pembangunan jalur tol dan jalur lingkar.
“Membangun manusia juga tidak kalah penting. Kedepan diharapkan semakin banyak generasi-generasi penerus yang bakatnya berkembang di beri wadah. Pendidikan dan kesejahteraan dasar warga menjadi hal utama,” jelasnya.
Sementara itu,  Bupati Malang Drs. H.M Sanusi berharap  Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin harus bisa menata Indonesia lebih baik ke depan. ”Pembangunan harus merata, keamanan juga harus terjaga dengan baik, sehingga suasana Indonesias semakin kondusif,’’ ungkapnya. Dia menyebutkan dengan suasana yang kondusif, maka kesejahteraan masyarakat pun akan semakin meningkat,
Bukan hanya itu, Sanusi juga mengatakan, di periode kedua ini, Joko Widodo harus memberikan perhatian lebih kepada para petani. Menurut  Sanusi, petani merupakan pahlawan, untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Jokowi kata Sanusi harus memperhatikan kesejahteraan para petani..
Sementara untuk di Kabupaten Malang, Sanusi  meminta tiga pembangunan disetujui dan direalisasikan. Tiga pembangunan itu masing-masing, jalan tol dari Malang diteruskan hingga Kabupaten Blitar. Selanjutnya menyetujui Bandara Abd Saleh menjadi bandara internasional, dan Pelabuhan Sendang Biru menjadi pelabuhan nusantara.  (cni/jpg/ica/ira/feb/van)



Loading...