Malang Raya Heritage Gelorakan Udeng Grinsing | Malang Post

Kamis, 14 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 10 Sep 2019, dibaca : 495 , aim, sisca

MALANG - Gerakan membudayakan penggunaan udeng mulai kembali dijalankan Komunitas Malang Raya Heritage (MRH). Setelah dilakukan deklarasi Malang Berudeng pada Minggu lalu, kini giliran MRH yang memberikan dengan cuma-cuma 30 kain udeng grinsing kepada personel Klub Sepak Bola Malang Persema U-17.
 Pengurus MRH Febi Damayanti sore menjelaskan, menggunakan udeng dan mengenalkan pada generasi selanjutnya adalah satu dari bentuk menjaga warisan budaya.
“Karena pada dasarnya nusantara mempunyai beragam kearifan lokal yang harus dilestarikan. Maka dari itu mulai menggaungkan kearifan lokal pada generasi milenial. Kami mulai dengan memberikan support 30 kain udeng kepada personel Persema U 17,” papar Febi.
Ia menjelaskan, pemberian udeng ini untuk bisa dikenakan para punggawa dan official Persema U 17. Juga sekaligus mengkampanyekan budaya nusantara. Febi menambahkan, filosofi penggunaan udeng juga dijelaskan pada anggota Persmea U 17. Bahwa Udeng, pada zaman dahulu digunakan untuk menjaga rambut agar tidak terburai saat bekerja atau bertamu alias agar terlihat rapi. Selanjutnya gerakan penggunaan udeng ini akan digelorakan MRH ke banyak komunitas lainnya dalam berbagai event ataupun kesempatan. (ica/aim)



Loading...