MalangPost - Mahasiswi UMM Masuk 10 Besar Nasional Duta Bahasa

Kamis, 02 Juli 2020

  Mengikuti :


Mahasiswi UMM Masuk 10 Besar Nasional Duta Bahasa

Kamis, 29 Agu 2019, Dibaca : 1306 Kali

MALANG-Menguasai bahasa Korea, bahasa Inggris, dan bahasa Jerman,  mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini meraih juara I pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur tahun 2019, Juli lalu, dan masuk 10 besar tingkat nasional.
Rima Nabila Dian Agustin, mahasiswi semester VII Psikologi UMM berhasil mengungguli peserta dari seluruh wilayah Jawa Timur. Cara Rima untuk menguasai bahasa asing terbilang unik. Gadis kelahiran tahun 1997 yang gemar menonton drama Korea ini mengaku, belajar berbahasa Korea hanya dari nonton film. Tak seperti saat dia menguasai bahasa Jerman, yang memang dipelajarinya sedari sekolah menengah atas. 
"Saya tidak pernah belajar khusus, Saya hanya belajar otodidak dari YouTube. Dari hasil belajar itu, saya banyak berhasil melewati setiap seleksi hingga memenangi ajang ini," ungkap putri pasangan Ayah Nahar Wibowo dan Ibu Etty Yuliartanti ini.
Perjuangan untuk mendapatkan predikat di ajang bergengsi ini bukan kali  pertama. Gadis kelahiran Agustus 1997. Sudah yang kali ketiga mengikutinya, 2017 hingga tahun 2019. Dia selalu belajar dari kesalahan.
"Pesertanya dari seluruh Jawa Timur itu ada sekitar 200-an orang. Di tingkat Provisi itu keunggulan utama saya ada di bahasa Inggris, baru disusul bahasa Korea dan bahasa Jerman," terangn gadis berpostur 165 cm ini.
Duta Bahasa sendiri juga mengikuti kebijakan dari Kemendikbud tentang kebijakan Trigatra Bangun Bahasa, yakni mengutamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing, sebagai salah satu bentuk penilaian dari ajang bergengsi tersebut.
Rima juga aktif dalam kegiatan kebahasaan yang dilaksanakan selama KKN dengan membuat Program Teater Anak Pintar (TENAR) dan membuat buku Aktifitas yang mencakup cerita rakyat dan lagu-lagu nasional, dengan bertujuan meningkatkan budaya literasi.
Selain itu, selama menjadi mahasiswa aktif UMM Rima juga pernah menyabet gelar bergengsi lainnya, seperti Duta Mahasiswa Genre Putri Kota Malang, Wakil 1 Kakang Mbakyu Kota Malang, Putri Kampus UMM 2018 dan Putri Taruna Nusantara Jawa Timur 2019.
Atas raihannya pada tingkat provinsi, Rima berhak melaju ke tingkat nasional mewakili provinsi Jawa Timur ke Ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2019 pada pertengahan Agustus lalu. Seleksi tersebut menobatkan Rima sebagai finalis sepuluh besar Duta Bahasa Tingkat Nasional, dan berhasil mengungguli peserta dari 34 Provinsi lain. 
Meski belum menjadi yang terbaik, Rima mengaku ingin menginternasionalisasi Bahasa Indonesia. Saat ini ia tengah mempersiapkan diri menjadi duta Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Dengan modal kepiawaian bahasanya sekarang, ia yakin bisa mengglobalkan bahasa Indonesia. 
"Kalau kecewa sih tidak, karena memang penilaiannya hanya kurang sedikit saja. Ini saya anggap sebagai langkah awal dan motivasi, dalam waktu dekat saya tengah mempersiapkan untuk ikut ajang-ajang selanjutnya," kata Rima.(mg3/aim)

Editor : muhaimin
Penulis : ist