Mahasiswa Tewas Saat Demo

Senin, 21 Oktober 2019

Selasa, 24 Sep 2019, dibaca : 993 , halim, fino

MALANG – Demonstrasi mahasiswa di Kota Malang memang sempat ricuh karena tensi panas dari pihak pengamanan dan pendemo, kemarin siang. Beberapa wartawan, polisi, serta mahasiswa, mengalami luka atau pingsan. Saat kondisi panas, masih ada saja oknum yang tega mengirim berita palsu demi memperkeruh situasi.
Selasa sore, muncul sebuah postingan di media sosial, yang tersebar di WhatsApp. Postingan ini menyebut bahwa ada satu mahasiswa yang gugur dalam demonstrasi di Kota Malang. Dalam akun Twitter Nawala Karsa Indonesia, @NawalaKarsa, disebutkan bahwa demonstrasi di depan gedung DPRD Kota Malang ricuh.
“Unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Malang berlangsung ricuh. Seorang mahasiswa dikabarkan gugur dalam aksi menolak pengesahan sejumlah RUU tersebut,” kicau akun ini. Dalam postingan ini, juga ditampilkan foto mahasiswa sedang memasang spanduk protes di depan plakat gedung DPRD Kota Malang.
Namun, informasi ini menyesatkan. Pasalnya, Malang Post yang melakukan konfirmasi ke pihak pengamanan maupun pihak terkait, memastikan tidak ada korban jiwa dalam demonstrasi. Memang, ada aksi lempar batu dan botol, yang diakhiri dengan penyemprotan air untuk penguraian massa.
Hanya saja, informasi soal meninggalnya mahasiswa di tengah-tengah demo, sama sekali tidak benar. Dari pantauan Malang Post sejak siang sampai sore hari ketika hoax ini muncul, tak ada korban jiwa. Hal ini ditegaskan pula oleh Polres Makota yang menjalankan pengamanan selama demonstrasi berlangsung.
Kapolres Makota AKBP Dony Alexander, didampingi Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni memastikan, kicauan akun Twitter tersebut hoax. “Ini disinformasi alias hoax. Tidak benar, tidak ada yang meninggal. Kalau ada, pasti kami sudah tahu tentang kabar tersebut. Sepanjang hari kami pengamanan, tidak ada informasi itu,” tegas Marhaeni kepada Malang Post, Selasa sore.
Dia mengimbau, masyarakat, termasuk para pendemo, untuk tidak terpancing dengan disinformasi atau hoax yang ingin menambah keruh suasana.(fin/lim)



Jumat, 18 Okt 2019

Beli Rumah Bonus Janda Muda

Kamis, 17 Okt 2019

Sel Kanker Takut Bawang Putih

Loading...