Mahasiswa KKN UM Majukan Desa Pagelaran | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 23 Des 2019,

MALANG - Sejumlah 15 mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) jurusan Seni dan Desain diterjunkan di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang sejak (17/12/19). Banyak orang yang belum mengenal dekat Desa Pagelaran menjadikan tugas ke-15 mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang untuk mengangkat potensi-potensinya ke taraf yang lebih luas.
Program kerja utamanya ialah merancang branding Desa Pagelaran sebagai desa seni. Tujuannya untuk meningkatkan daya tarik kepada masyarakat luas dengan harapan semakin banyak literasi mengenai Desa Pagelaran. Baik informasi melalui media elektronik/nonelektronik.
“Informasi mengenai desa Pagelaran sangat minim, sudah ada buku tentang desa ini tapi hanya dicetak 100 copy. Sehingga, kelompok KKN mahasiswa berencana membuat transparansi informasi sehingga siapapun dari belahan dunia manapun bisa mengakses informasi seputar Pagelaran,” ungkap Humas KKN Mahasiswa Alif Sukma Muclisin kepada Malang Post.
Kemudian adapula program kerja andalannya yakni merancang Desa Pagelaran menjadi destinasi wisata berbasis edukasi seni. Tujuannya mengemas potensi seni yang ada di Desa Pagelaran menjadi suatu destinasi wisata berbasis edukasi seni. Mengingat potensi-potensinya yang layak mendapat apresiasi dari dalam/luar daerah.
“Terlebih, bakat yang dimiliki warganya sangat memungkinkan untuk mengedukasi pecinta seni,” bebernya.
    Adapula program kerja tambahan yakni, merencanakan event tahunan dalam bentuk karnaval seni dengan tujuan menunjang track record Desa Pagelaran sebagai destinasi wisata berbasis edukasi seni. Program kerja tambahan selanjutnya ialah melukis dinding (mural) wisata Water Park dengan mengangkat identitas Desa Pagelaran. Dua program kerja tambahan lainnya adalah berkolaborasi menciptakan koreografi tari garapan khas Desa Pagelaran beserta musik karawitan dan bimbingan belajar seni (seni rupa, tari dan musik) untuk anak-anak dusun Mentaraman. Desa Pagelaran memiliki tarian khas yang bisa diajarkan kepada anak-anak sehingga mampu meningkatkan keterampilan, keatifitas, dan olahrasa anak-anak yang mengikutinya.
    “Begitu banyak jenis kesenian dan keguyuban warga yang ada di Desa Pagelaran seharusnya mampu membuka potensi masuknya wisatawan dari luar daerah,” tambahnya.
Karena itulah, kata dia, diperlukan ide-ide cemerlang untuk menjadikan Desa Pagelaran lebih maju dan dikenal banyak orang. Mahasiswa KKN UM yang dibimbing oleh Dosen Andhika Putra Herwanto, S.sn., M.sn. membuat program kerja yang mampu meringankan problem di desa tersebut. (oci/adv)

Editor : Rosida
Penulis : adv



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...