Mahasiswa Dibantu Beasiswa Donatur | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 21 Nov 2019, dibaca : 261 , Rosida, imam

MALANG - Prasetiyo Foundation memberikan beasiswa untuk mahasiswa Poltekkes RS. Soepraoen Malang.  Beasiswa ini baru kali pertama diberikan, dan dialokasikan untuk dua mahasiswa sebesar Rp 3 juta dalam satu semester. Prasetiyo Foundation merupakan beasiswa dari dosen Poltekkes RS. Soepraoen sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap pentingnya pendidikan generasi bangsa.
Wakil Direktur 3 Poltekkes RS. Soepraoen Malang, Bagus Dadang Prasetyo, S.T.M.T., mengatakan sejauh ini beasiswa Prasetiyo Foundation masih dikelola mandiri. Kedepannya diharapkan menjadi wadah untuk memfasilitasi donatur baik dari kalangan dosen maupun umum.
"Doakan saja semoga dapat berkembang, karena semakin banyak donatur tentunya semakin banyak mahasiswa yang terbantu," ujarnya.
Bagus menjelaskan, sejauh ini kriteria yang mendapat beasiswa Prasetiyo Foundation merupakan mahasiswa yang kurang mampu. Untuk selanjutnya seleksi akan semakin diperketat dengan pertimbangan yang lain. Salah satunya prestasi akademik mahasiswa.
“Yang mengajukan beasiswa ini ke depan pasti bertambah, maka perlu kita seleksi agar adil," terangnya.
Beasiswa Prasetiyo foundation diberikan di awal semester. Bagus merasa senang beasiswa tersebut dapat tersalurkan meskipun pada awalnya banyak yang mengira tidak serius. Untuk selanjutnya ia berharap Prasetiyo Foundation menjadi sebuah yayasan yang legal formal.
"Sementara ini kita menguji konsistensinya dulu, sebelum nantinya kita legalkan. Semoga bisa istiqomah," ungkapnya.  
Ia juga berharap para mahasiswa yang mendapat bantuan beasiswa semakin termotivasi untuk lebih giat lagi belajar. Meskipun dengan jumlah yang belum besar, bantuan beasiswa dapat membantu meringankan biaya kuliah mereka. "Dengan giat belajar tentunya makin banyak ilmu yang didapat dan doa kami mereka menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa," tuturnya.
Beasiswa prasetiyo foundation pertama diberikan kepada dua mahasiswa dari Prodi Farmasi. Mereka adalah Sri Dewi S dan Merischa S.C. Keduanya dinilai memenuhi kriteria untuk mendapat beasiswa tersebut. “Alhamdulillah yang jelas saya senang bisa mendapat beasiswa, lumayan untuk membantu biaya kuliah,” ujar Sri Dewi.
Ia mengaku semakin semangat belajar dan berencana mengejar beasiswa-beasiswa lainnya. Sebab untuk mendapat kesempatan tersebut, salah satu syaratnya adalah nilai IPK yang bagus. “Kemarin IPK saya juga dinilai, dan saya bersyukur ternyata bisa masuk,” ungkap mahasiswi asal Lumajang ini.
Banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa selama masa kuliah. Selain belajar yang tekun, mahasiswa harus peka terhadap informasi. Akses informasi harus diperluas untuk meningkatkan wawasan juga mengetahui perkembangan terkini.
Untuk mendapat beasiswa mahasiswa perlu akses informasi yang kuat. Demikian yang dilakukan oleh Sri Dewi dan Merischa. “Awalnya saya mendapat informasi di prodi, kemudian segera saya siapkan syarat-syaratnya untuk diproses di Wakil Direktur 3,” tukasnya. (imm/oci)



Loading...