Mahasiswa Cerdas Akademik Amalkan Pancasila | Malang POST

Rabu, 26 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Mahasiswa Cerdas Akademik Amalkan Pancasila

Kamis, 05 Sep 2019,

Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru Unmer.

MALANG - Mahasiswa tak hanya cerdas secara akademik, tapi harus berwawasan dan memiliki sikap bela negara. Kesadaran menghayati dan mengamalkan Pancasila juga kewajiban yang dimiliki mahasiswa.
Pesan itu disampaikan Pangdam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi saat menutup pendidikan dan pelatihan (Diklat) Bela Negara calon mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Rabu (4/9) kemarin.
Penutupan kegiatan yang diikuti 3.000 mahasiswa baru Unmer Malang itu berlangsung di lapangan Depo Pendidikan Kejuruan (Dodikjur) Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) V/Brawijaya.
Kegiatan ini merupakan rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) TA. 2019/2020 Unmer Malang sejak 31 Agustus- hingga 6 September. Sebelumnya Diklat Bela Negara dibagi menjadi empat kelompok mahasiswa dengan hari yang berbeda. Yakni kelompok Bhirawa, Anoraga, Ksatria, dan Merdeka.
Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menyampaikan, Diklat Bela Negara merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan dan kedisiplinan. Serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa untuk melanjutkan pembangunan masa yang akan datang.
“Diharapkan mahasiswa tidak hanya cerdas dalam akademik maupun intelektual namun juga harus berwawasan negara melalui kegiatan seperti ini. Sehingga hal ini dapat menumbuhkan kesadaran akan berbangsa dan bernegara melalui persatuan dan kesatuan. Serta dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai landasan ideologi negara,” pesan Wisnoe saat menjadi inspektur upacara.
Selain itu Wisnoe menambahkan, hendaknya apa yang diberikan dalam diklat dapat dimengerti, dipahami dan ditindaklanjuti. Sehingga dapat dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Ia berpesan agar setelah mengikuti kegiatan tersebut, bisa berikan contoh kepada mahasiswa lainnya. Serta berbuat yang terbaik untuk nama Unmer Malang pada khususnya dan di lingkungan masyarakat pada umumnya.
Rektor Unmer Malang Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE, M.Si menuturkan, tujuan diselenggarakannya Diklat Bela Negara yakni untuk memberikan pembekalan awal kepada mahasiswa baru agar memiliki mental dan keteguhan yang kuat. Serta  lanjut dia, kedisplinan yang nantinya dapat mengaplikasikan di lingkungan kampus.
“Selanjutnya kegiatan Bela Negara di Dodikjur ini dimaksudkan untuk menyiapkan PKKMB di kampus dalam proses transisi menjadi mahasiswa dewasa, mandiri, memahami kegiatan dan disiplin dalam akademik serta menjunjung tinggi nilai NKRI,” jelasnya.
Sementara itu, upacara penutupan diikuti 3.000 mahasiswa baru. Mereka tersebar di Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi Bisnis, dan Program Diploma Kepariwisataan, serta Pascasarjana.
Turut hadir juga para pejabat tinggi Unmer Malang, dekan, dosen, dan staf. Penutupan kegiatan ditandai dengan pemakaian jas almamater dan topi Unmer Malang kepada mahasiswa baru yang dilakukan Pangdam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi. Selain itu pemberian sertifikat Diklat Bela Negara. (mp4/adv/van)

Editor : vandri
Penulis : Ajeng

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi
Loading...