Maba Unikama Bangga Kampus Multikultural | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 16 Sep 2019, dibaca : 1026 , rosida, imam

MALANG - Mia Eva Hamzah merupakan satu dari 1.053 mahasiswa baru yang merasa bangga bisa menjadi bagian dari Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Mahasiswa baru dari prodi Akuntansi ini senang bisa menjadi bagian dari mahasiswa kampus multikultural. Menurut gadis asal Maluku Utara ini, Unikama merupakan kampus yang unik, tempat belajar ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Tanah Air.
"Senang bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah, karena Unikama memang dikenal dengan Multicultural University," ujarnya ditemui dalam kegiatan Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T), Senin (9/8).
Acara P3T dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 4 Unikama Umiati Jawas, Ph.D. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pemakaian atribut peserta P3T oleh Wakil Rektor 4 dan pemukulan gong oleh Ketua  PPLP-PT PGRI Kota Malang, Drs. H. Soedja'i.
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor 4 Unikama, Umiati Jawas, Ph.D. mengimbau agar mahasiswa baru berpikir terbuka dan bisa menerima kemajuan. Revolusi industri 4.0 saat ini menjadi tantangan bagi generasi muda khususnya para mahasiswa sebagai akademisi di lingkungan perguruan tinggi.
"Semua ada di tangan kita sendiri. Tergantung kita mau maju atau tidak. Kalau tidak mampu mengikuti  kemajuan maka akan tertinggal," ucapnya.
Umiati juga menekankan agar menjadi mahasiswa harus aktif di organisasi, agar potensi dan wawasan mereka semakin berkembang.
“Dengan berorganisasi kita dapat mengenal karakter orang lain serta melatih untuk bisa bekerja sama dalam tim,” katanya.
Tema P3T Unikama tahun ini yakni Membentuk Mahasiswa Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Acara pembukaan P3T dihadiri oleh Para Wakil Rektor, dekan dan jajaran dosen. Tak ketinggalan hadir juga dalam acara tersebut, Pengurus Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP-PT PGRI) Kota Malang.
Sementara itu, Wakil Rektor 3 Unikama,  Dr. Joice Soraya, SH. M.Hum mengatakan selain untuk pengenalan kampus, tujuan digelarnya P3T yakni membangun kebersamaan dan persaudaraan di antara civitas akademika.
"Maka dari itu P3T harus dilaksanakan dengan matang. Agar menjadi momen yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter," terangnya.
Sebagai Wakil Rektor 3 yang fokus pada program kemahasiswaan, Joice berharap dengan digelarnya kegiatan P3T akan muncul sosok mahasiswa yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan lingkungan serta kecintaan terhadap Tanah Air.
“Mahasiswa yang memahami arti pendidikan karakter, berjiwa nasionalis serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan, sebagai wujud kontribusi untuk masa depan bangsa,” ungkapnya.
Ia menuturkan, secara umum materi yang akan diberikan kepada mahasiswa baru selama P3T yaitu memuat kesadaran bela negara, sistem pedidikan dan penyesuain diri di perguruan tinggi. Selain itu, juga ada pengenalan organisasi dan kegiatan kemahasiswaan.
“Sebagai bentuk pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan daya saing sesuai dengan kearifan lokal yang konstruktif dan produktif,” kata dia.
Ketua  PPLP PT. PGRI Kota Malang, Drs. H. Soedja'i, yang turut meresmikan kegiatan P3T juga berharap agar kegiatan peneganalan kampus bisa dimaksimalkan oleh mahasiswa baru.
"Ikutilah kegiatan P3T ini dengan sebaik-baiknya, agar anda (mahasiswa baru) bisa segera menyesuaikan diri dan segera mengenal para pimpinan dan dosen di kampus ini," ujarnya saat sambutan. (imm/adv/oci)



Minggu, 15 Des 2019

Kesempatan Pemain All Out

Loading...