Lulusan STIKES Maharani Dibekali Entrepreneurship

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 07 Okt 2019, dibaca : 351 , rosida, imam

MALANG - STIKES Maharani menggelar Workshop Dunia Kerja, khusus untuk para mahasiswanya yang dalam waktu dekat akan diwisuda. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membekali para mahasiswa sebelum lulus. Sehingga para calon wisudawan memiliki wawasan untuk memasuki dunia kerja. Baik yang akan bergabung di instansi maupun mandiri atau wirausaha. Workshop tersebut mengangkat tema 'Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur bidang kesehatan yang kreatif dan Inovatif di era revolusi industri 4.0'.
Ketua Pelaksana workshop, Nanik Susanti, S.Psi., M.Pd., mengatakan bekal yang diberikan kepada mahasiswa calon wisudawan berupa bekal soft skill dan hard skill. Dengan harapan lulusan STIKES Maharani tidak hanya siap secara kompetensi keahlian, tetapi juga memiliki soft skill dan kepribadian yang bagus. "Karena dalam dunia kerja keduanya sama-sama dibutuhkan," ujarnya.
Materi lainnya tentang entrepreneur. Meskipun dicetak sebagai tenaga kesehatan, lulusan STIKES Maharani juga dibekali dengan keterampilan berwirausaha. "Ini untuk menyikapi masuknya kita ke era industri 4.0, jadi kemampuan berwirausaha harus juga dimiliki," imbuhnya.
Adapun pemateri dalam workshop tersebut salah satunya merupakan dosen STIKES Maharani sendiri. Seorang dosen yang diketahui juga memiliki usaha lain selain sebagai pengajar di kampus.
"Agar bisa sharing dengan mahasiswa. Bahwa lulusan STIKES Maharani tidak hanya kompeten sebagai tenaga kesehatan tetapi juga kreatif mendirikan usaha-usaha lain di luar bidang kesehatan," terang Nanik.
Meskipun demikian, ia menegaskan, para dosen dan pemateri tidak menyebut bahwa usaha lain di luar bidang kesehatan menjadi sampingan. Sehingga tidak ada istilah 'pekerjaan sampingan' dalam mindset mahasiswa.
"Tetapi kalau boleh dibilang, bahwa kita ini tenaga kesehatan dan pengusaha. Tidak ada istilah pekerjaan sampingan, semua sama-sama dipentingkan," tuturnya.  
Selain dari pemateri, dalam workshop tersebut juga ada sesi sharing dengan alumni. STIKES Maharani mengundang beberapa alumninya yang sukses menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan  pengusaha yang handal.
"Karena tidak sedikit lulusan kita bekerja di dunia kesehatan tetapi juga punya pekerjaan lain sebagai pengusaha," tukasnya.
Workshop Dunia Kerja rutin dilaksanakan oleh STIKES Maharani menjelang acara wisuda. Tahun ini ada 69 mahasiswa peserta workshop yang akan diwisuda pada 10 Oktober mendatang.
Mereka merupakan lulusan dari Prodi S1 Keperawatan, Prodi Ners, Prodi D3 Kebidanan dan D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM), yang sebelumnya bernama Analis Kesehatan. (imm/oci)



Jumat, 18 Okt 2019

Sebanyak 23 PT di Jatim Merger

Loading...

  Follow Us