Lora Fadil Punya Tiga Istri, Tunjangan dari DPR Hanya untuk Istri Pertama

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 1146 , udi, net

JAKARTA - Anggota DPR Fraksi NasDem, Achmad Fadil Muzakki Syah yang akrab disapa Lora Fadil, ramai dibicarakan karena diketahui memiliki tiga istri. Apakah ketiga istrinya mendapatkan tunjangan dari negara?
Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, tunjangan istri bagi anggota DPR hanya diberikan untuk satu istri. Menurut dia, artinya hanya istri pertama yang mendapatkan tunjangan. "Hak-hak anggota Dewan hanya satu istri," kata Indra, Rabu (2/10/2019). "Harusnya hanya istri pertama (yang dapat tunjangan)," tambahnya.
Berdasarkan catatan, gaji dan tunjangan anggota DPR dimuat dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No. KU.00/9414/DPR RI/XII/2010. Selain itu, diatur dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015. Tunjangan istri disebutkan sebesar Rp 420.000.
Meski tunjangan istri terbilang kecil, tunjangan lainnya cukup fantastis. Tiap anggota mendapatkan tunjangan anak Rp 168.000, uang sidang/paket Rp 2.000.000, tunjangan jabatan Rp 9.700.000, tunjangan beras Rp 198.000, serta tunjangan PPH Rp 1.729.608.
Selain itu, ada tunjangan kehormatan, tunjangan komunikasi intensif, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran, serta bantuan langganan listrik dan telepon. Gaji pokok anggota Dewan adalah Rp 4.200.000.
Menariknya, membawa tiga istri ke pelantikan DPR 2019-2024, bagi Lora Fadil, bukan perkara sulit. Bahkan, Lora Fadil menginap bersama tiga istrinya dalam satu kamar di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat. Lora Fadil terbiasa tidur bersama-sama. Lora Fadil mengaku tinggal seatap dengan ketiga istrinya di kampung halaman di Jember. Di rumah, mereka kerap berbagi kamar."Kami tinggal satu rumah. Di kampung di Jember, kami tinggal satu rumah. Bahkan tidak jarang satu kamar berempat," kata lora Fadil, kemarin.
Saat akan menghadiri pelantikan DPR 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/10), Fadil pun membawa ketiga istrinya. Lora Fadil menyewa sebuah kamar hotel di Jakarta Pusat untuk dirinya dan ketiga istri. Sementara itu, 6 anaknya disewakan kamar lain. "Kami satu kamar berempat karena kan hotelnya kecil, kami berempat, lalu anak-anak sendiri. Saya sama istri bertiga satu kamar," tuturnya.
Akibatnya, Lora Fadil mengaku harus bolak-balik dari satu hotel ke hotel lain. Sebab, DPR mengadakan kegiatan di Hotel Shangri-La Jakarta. Karena itu, ia mengaku kelelahan. "DPR saya dapat di Shangri-La. Makanya saya nggak bisa tidur karena harus bolak-balik. Itu juga jalan kan macet karena demo. Itu bikin tidak bisa tidur dan istirahat," ujarnya.
Ia pun mengklarifikasi soal foto viral dirinya di media sosial yang tertangkap tidur saat acara pelantikan anggota Dewan. Lora Fadil berjanji hal itu tak akan dia ulangi. "Itu sudah di akhir-akhir pelantikan DPR menjelang doa penutup saya tertidur. Itu karena malam nggak bisa tidur itu bolak-balik. Ini komitmen saya yang pertama dan terakhir," kata Fadil. (cnn/dtc/ra/udi)



Loading...