Malang Post - Lima Traffic Light Bakal Diupgrade

Sabtu, 04 April 2020

  Mengikuti :


Lima Traffic Light Bakal Diupgrade

Minggu, 13 Okt 2019

MALANG - Sebanyak lima titik Traffic Light (TL) di Kota Malang akan mendapatkan upgrade atau peningkatan kapasitas. Hal ini dilakukan di kawasan-kawasan yang dekat dengan arus lalu lintas penunjang tol Pandaan-Malang.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Dr Handi Priyanto menjelaskan, peningkatan kapasitas TL ini diprioritaskan di kawasan seputaran Exit Tol Pakis dan Madyopuro. Hal ini diakuinya agar tidak terjadi kepadatan. “Kita tidak mau situasi exit seperti Karanglo,” tegas Handi kepada Malang Post.
Dijelaskannya penambahan kapasitas dan fasilitas TL ini ditekankan pada upgrade TL manual dengan perangkat yang adaptif. Di lima kawasan nantinya, TL akan berjalan menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS) adaptif.
Nantinya TL ini akan dipasangkan sebuah sensor yang adaptif. TL dengan ATCS ini nantinya diharapkan dapat mengatur lalu lintas pada persimpangan dengan mempergunakan traffic light. Karena dapat dikendalikan secara otomatis dengan software aplikasi jarak jauh (online).
TL dengan ATCS telah menggunakan kamera yang tersedia sistem mendeteksi gambar kendaraan di traffic light. Jika panjang antrean kendaraan telah mencapai limit yang telah ditentukan, maka sistem otomatis akan memperpanjang waktu hijau di persimpangan yang antriannya paling panjang.
“TL yang di upgrade nanti ada di perempatan Danau Toba, di Depan Bank BTN, Pertigaan Danau Toba-Ki Ageng Gribig, Perempatan Pom Bensin dekat Sawojajar II, Perempatan Simpang Sulfat dan Pertigaan Sulfat-Bengawan Solo,” tandasnya.
Ditambahkannya kegiatan ini dimungkinkan dikerjakan atau direalisasikan pada 2020 mendatang. Tepatnya, menjelang pengoperasian penuh dari Tol Exit Madyopur.
Sementara itu menurut dokumen KUA PPAS Kota Malang Tahun 2020, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang diusulkan kegiatan pengadaan TL dan pemeliharaan insidentil fasilitas lalu lintas dengan anggaran Rp 6 Miliar. (ica/jon)

Editor : parijon
Penulis : sisca

  Berita Lainnya





Loading...