MalangPost | Libur Sekolah Diperpanjang, Guru Harus Proaktif

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


Libur Sekolah Diperpanjang, Guru Harus Proaktif

Kamis, 26 Mar 2020, Dibaca : 2934 Kali

MALANG - Dinas Pendidikan Kabupaten  Malang memastikan waktu belajar di rumah diperpanjang. Tidak hanya siswa  Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), tetapi juga  berlaku untuk siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).
“Diperpanjang mulai tingkat PAUD sampai dengan SMP,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, dr Rahmat Hardijono.


Kepada  Malang Post, Rahmat mengatakan perpanjangan waktu belajar di rumah sesuai surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “Sedianya waktu belajar di rumah berlaku mulai 16 Maret sampai dengan 29 Maret. Tapi ada surat edaran, yang berisi tentang perpanjangan waktu belajar di rumah sampai dengan  5 April mendatang,” jelas Rahmat.
Alasan perpanjangan waktu belajar di rumah karena  merebaknya Covid -19. “Karena kesehatan siswa lebih penting. Dan kami mengikuti pusat,” ucapnya.
Dikatakannya, sekalipun siswa belajar di rumah, seluruh guru di Kabupaten Malang tetap melakukan pemantauan. Terlebih dengan tugas-tugas yang diberikan.  “Jadi meski di rumah bukan libur. Siswa tetap mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Karenanya guru harus proaktif memberikan bimbingan kepada siswa yang kesulitan dalam mengerjakan tugas,” ungkapnya.


Sejauh ini diakuinya bahwa proses belajar di rumah berjalan lancer, sama sekali tidak ada kendala. Tidak terkecuali dengan sekolah terpencil sekalipun, yang biasanya terkendala jaringan internet. Namun kendala tersebut dapat diantisipasi dengan inovasi guru, yang  memiliki rumah dengan jaringan internet lancar.
“Kalau ada guru yang rumahnya tidak di pinggiran, maka mendapat tugas tambahan mendistribusikan tugas ke siswa melalui wali murid. Alhamdulillah semuanya masih berjalan lancar,” ucapnya.
Rahmat berharap, siswa dan guru tetap semangat sekalipun harus belajar di rumah. Dia juga mengimbau para siswa untuk tetap berada di rumah dengan tidak keluar rumah, supaya virus Corona cepat teratasi.


Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan, Kabupaten Malang, Koko Subagyo, juga membenarkan. Dikatakannya bahwa waktu belajar di rumah di perpanjang. “Surat edaran untuk perpanjangan waktu belajar di rumah sudah kami sebarkan ke sekolah-sekolah, untuk kemudian disampaikan kepada siswa melalui wali murid,” paparnya, sembari mengatakan, dengan tetap berada di rumah, siswa tidak berisiko tertular virus Corona.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika