Lewat Piano, Jadikan Siswa Displin dan Pribadi Baik | Malang Post

Jumat, 15 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 09 Nov 2019, dibaca : 1680 , aim, sisca

MALANG – SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) punya cara tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa menjadi pribadi yang kuat dan disiplin. Caranya, kurang lebih 200 siswa-siswi SD ini diajak bermain piano dan menunjukan kebolehan bermusik di hadapan para guru dan orang tuanya.
Permainan yang dipersembahkan siswa-siswi kelas 2 hingga kelas 6 SD Lab ini juga tidak boleh diragukan. Mereka bermain berbagai macam lagu, mulai dari lagu pop populer hingga musik-musik klasik ala Beethoven dan Bach dalam kegiatan yang dinamakan Piano Student Concert 2019 ini.
“Piano menjadi pelajaran seni musik wajib di SD Lab. Nah dengan bermain piano anak-anak bisa dilatih ketrampilan dan karakternya. Mereka lebih seimbang, disiplin dan dapat lebih konsentrasi selama pelajaran,” tegas Ketua Komite Sekolah SD Lab UM, Vipa Noor Rahmad di Hotel Regent Parks, Kota Malang.
Dijelaskannya, kegiatan ini memang rutin diadakan dua tahunan sekali. Dan terbukti memberikan dampak positif bagi perkembangan karakter anak didik SD Laboratorium UM.
Pasalnya bermain piano melatih keseimbangan otak kiri dan kanan. Usai bermain piano atau saat anak dibiasakan bermain piano, secara otomatis otak bekerja akan lebih maksimal berpikir.
Perempuan yang akrab disapa Vivi ini mengakui, jika sebelumnya pertunjukan konser piano ini diadakan tidak diluar sekolah. Tetapi ia merasa bahwa anak perlu dikembangkan dan ditantang lebih baik lagi, maka konser dilakukan lebih luas audiens yang datang pun lebih banyak lagi.
“Mereka akan dilatih kepercayaan dirinya. Kegiatan ini juga tidak dilombakan karena goalnya bukan judgement atau penilaian mereka bisa atau tidak. Tetapi untuk melatih keberanian tampil dan unjuk gigi didepan umum,” papar Vivi.
Kegiatan konser piano yang diadakan di Hotel Regent ini juga dilakukan untuk mematahkan pandangan bahwa untuk bermain piano seorang anak harus memiliki bakat. Kegiatan ini dapat membuktikan bahwa belajar lah dan kemauan berusaha lah yang menentuka keahlian seseorang tidak hanya bakat saja.
Dalam konser piano ini anak-anak kelas 4 dan 5 seluruhnya diwajibkan tampil. Sementara kelas 2 dan 3 juga kelas 6 dilakukan seleksi.  Guru Piano SD Lab, Edwin Rosyadi mengatakan, konser piano yang dibawakan siswa-siswinya ini terbukti memberikan siswanya kepercayaan diri lebih dalam segala bidang yang dipelajari anak, tidak hanya musik.
“Maka dari itu tema kegiatan ini ‘Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kreativitas Bermusik Dlaam Panggung Konser Piano’. Harapannya juga orang tua dapat mendukung kemampuan musik anaknya dan dikembangkan,” pungkasnya. (ica/aim)



Loading...