Leadership Youth Program, Bentuk Karakter Generasi Muda Berkualitas | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 27 Agu 2019, dibaca : 480 , Halim, linda

MALANG - Sebagai yayasan yang menaruh perhatian besar terhadap pembinaan moral generasi remaja, Yayasan Al Kahfi Cabang Malang menggandeng SMA dan SMK di Kota Malang untuk memperingati HUT ke-74 RI dengan Leadership Youth Program, Selasa (27/8) di Aula Student Center SMKN 2 Malang. Program ini bertujuan memberikan bekal kepada generasi muda agar tidak mudah terbawa paham-paham radikalisme yang kian marak sekaligus mengasah kepedulian terhadap masyarakat sekitar.
Acara diawali dengan motivasi bertajuk ‘’Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan dengan Merawat Persatuan Bangsa untuk Mencegah Paham Radikalisme’’ yang disampaikan oleh Ketua I MUI sekaligus Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Malang, KH Taufik Kusuma.
"Sekarang ini untuk menguasai Indonesia bukan perang secara fisik namun menghancurkan generasi melalui narkoba, membuat isu negatif dan lain sebagainya," ujar KH. Taufik
Dikatakannya, menjaga kesatuan juga sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW bagaimana membangun negeri. Saat itu Beliau hijrah ke Madinah dan bertemu dengan banyak suku dan berbagai agama. Yang dilakukan saat itu adalah memperkokoh kesatuan dan persatuan di Madinah. Itu pula yang harus dilakukan generasi saat ini dengan memperkuat jiwa persaudaraan serta tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif.
Selanjutnya para peserta diajak melatih jiwa kepemimpinan. Mereka dibagi menjadi kelompok kecil bersama fasilitator untuk menyelesaikan penugasan yang telah diberikan. Tak hanya itu para peserta dilatih mengasah kepedulian sosial dengan bakti sosial, menyerahkan sembako gratis kepada warga yang membutuhkan, membersihkan masjid atau musala, membuka stand bazar baju layak pakai hingga penyerahan Al Quran.
Ketua Al Kahfi Cabang Malang Nova Kristiantono mengatakan, Leadership Youth Program yakni kegiatan yang mengajak 175 siswa SMA dan SMK di Kota Malang menjadi generasi muda berkualitas agar siap berkarya di masyarakat. "Di kegiatan ini kami juga memberikan beasiswa kepada para siswa yang berprestasi dan memiliki moral bagus," kata Nova.
Beasiswa yang diberikan berupa uang tunai setiap bulan selama satu tahun. Tujuannya untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan sekolah serta memacu agar terus meningkatkan prestasi. "Harapannya kami ingin mengajak menjadi generasi maju berkualitas dan mengikuti kegiatan yang positif. Karena membanggakan kedua orang tua itu ya dengan prestasi serta karakter yang baik," tutupnya.
Leadership Youth Program ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada para peserta. Turut hadir pada kegiatan ini yakni Kasi SMA PKLK Dinas Pendidikan Wilayah kota Malang dan Batu, Drs. Slamet Riadi, M.Pd, Ketua MKKS SMK Kota Malang, Dr. H. Wadib Su’udi, MM, kepala serta guru pendamping SMA dan SMK. (lin/lim)



Loading...