Layar Terkembang Simbol Prestasi ITN Malang | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 1368 , rosi, imam

Monumental Gate Kampus 2 ITN Malang tampak megah dari sisi depan.

MALANG - Institut Teknologi Nasional (ITN) kini memiliki pintu gerbang yang megah nan cantik. Monumental Gate di Kampus 2 ITN tersebut diresmikan oleh Bupati Malang, Kamis (17/10) kemarin. Dengan corak yang berwarna warni, Monumental Gate Kampus 2 ITN terlihat indah dipandang. 
Tinggi gerbang tersebut mencapai 16 meter. Disusun dengan empat pilar segi tiga berbentuk layar perahu dengan empat macam warna. Gedung monumen sendiri dibangun dengan kaca transparan.  Masing-masing memiliki makna dan filosofi tersendiri. 
Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT., menjelaskan, layar melambangkan suatu keadaan yang dinamis dimana ITN Malang yang akan terus berkembang dan maju untuk mencapai cita-citanya. 
“Layar terkembang ‘Perahu ITN’ akan terus melaju mencapai prestasi dan meningkatkan SDM Bangsa Indonesia menuju ke tingkat dunia,” ucapanya. 
Segita tiga merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam pendidikan, penilitian dan pengabdian masyarakat. Empat pondasi merupakan lambang empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kaca yang transaparan merupakan wujud keterbukaan dan tanggungjawab. Adapun warna merah melambangkan keberanian, putih adalah suci, biru keagungan dan kuning adalah semangat. 
“Maka dengan keberanian, semangat dan ketulusan hati, ITN menorehkan karya-karya yang agung dan menjadi kampus yang unggul,” katanya.    
Kustamar mengungkapkan, dalam kaitannya dengan kebhinekaan di ITN Malang sedang dikembangkan forum kebangsaan yang diberi nama pelangi nasional. Yang berisi empat bidang, kerukunan antar ummat beragama, bidang pengambangan budaya nusantara, cinta alam dan NKRI. 
“Semoga bisa berjalan dengan lancar dan membawa kemajuan untuk ITN, Indonesia dan dunia,” ungkapnya.   
Peresmian Monumental Gate ITN Kampus 2, dihadiri oleh Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MA dan Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA, dan Ketua P2PUTN Malang, Ir. Kartiko Adi Widodo, MT. Selain itu juga hadir para muspika, tokoh masyarakat dan rektor dari kampus lain. 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MA mengatakan dengan dibangunnya Monumental Gate, ITN telah berinovasi untuk menjadi kampus unggul. Keberadaan kampus 2 ITN di Karanglo, akan menunjang terhadap kemajuan Kabupaten Malang sebagai wilayah dengan berbagai potensi. 
“Kampus ITN akan menjadi bagian penting dari meningkatnya taraf pendidikan dan ekonomi masyarakat kabupaten Malang,” ucapnya. 
Menurutnya, gerbang merupakan wajah dari kampus. Monumental Gate kampus 2 ITN yang indah dan megah menjadi gambaran aka isi dari kampus ITN yang maju dan berkualitas. 
“Karena masyarakat akan menilai sesuatu dari wajahnya lebih dulu, kalau gerbangnya bagus maka pandangan masyarakat akan bagus. Selamat kepada civitas akademika Kampus ITN atas berdirinya gerbang baru ini,” ungkapnya.  
Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA mengungkapkan rasa bangganya kepada ITN Malang. Di wilayah Jawa Timur terdapat 326 kampus swasta, 14 diantaranya adalah institut. Dan ITN berada di urutan nomor satu sebagai kampus institut swasta di Jawa Timur. 
Menurutnya, itu sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Ditambah dengan kemajuan lain yang dicapai oleh ITN, salah satunya berupa kemajuan infrastruktur dengan berdirinya munumental gate di kampus 2. 
“Dengan adanya munumental gate akan segara bermunculan monumen-monumen yang lain dan ITN menjadi sesuatu yang berbeda dari kampus lain,” ucapnya. (imm/oci)



Loading...