Launching Mobil Klinik dan Aplikasi e-Kerenkan | Malang Post

Jumat, 24 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 10 Des 2019,

BERTEPATAN dengan peresmian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di kawasan Block Office Pemkab Malang, Desa Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang juga melaunching mobil klinik. Kendaraan untuk pelayanan mobile itu, beberapa kali dipergunakan dalam acara Gerakan Membangun Desa (Gema Desa).

Baca juga :

Rusunawa Kabupaten Kelas Apartemen

Kelola Rusunawa ASN, KORPRI Studi Replikasi


Namun, mobil klinik tersebut, kini menjadi lebih istimewa. Tidak hanya untuk melayani seputar tata ruang saja, namun juga menjadi mobil klinik rumah sehat, klinik sanitasi ataupun klinik air bersih. “Mobil klinik kita pergunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPKPCK,” tutur Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM.  
“Masyarakat mau bertanya apa saja seputar tata ruang, perizinan, sanitasi ataupun desain rumah sehat, akan dilayani mobil klinik,” katanya lagi. Dalam kegiatan Gema Desa, mobil memang berhenti di balai desa untuk menerima masyarakat yang datang dan bertanya. “Nanti, setelah acara Gema Desa, mobil ini dijadwalkan turun ke desa, bekerjasama dengan kecamatan,” terang dia.  
Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang itu, pendaftaran izin secara online bisa dilakukan melalui mobil klinik. Masyarakat sangat dimudahkan. Apalagi DPKPCK Kabupaten Malang juga melengkapi mobil klinik tersebut dengan aplikasi e-Kerenkan. Singkatan dari Keterangan Rencana Kabupaten. “Sebenarnya bisa juga melalui smartphone,” tegas Wahyu.
Masyarakat, tidak harus datang ke kantor DPKPCK Kabupaten Malang. Cukup mendaftar melalui aplikasi e-Kerenkan tersebut, dan men-scan persyaratan hingga lengkap. “Ini pertama kali. Di kota lain belum ada. Setelah peryaratan cukup, akan direspons dengan penjadwalan survey. Kalaupun belum cukup, akan direspons pula untuk menambahkan persyaratan yang belum dilampirkan,” ungkapnya.
Namun aplikasi e-Kerenkan itu, lebih dikhususkan untuk bidang tata ruang. “Misalkan ada pengusaha hendak investasi di Kabupaten Malang, cukup mengisi atau melengkapi form persyaratan. Bisa langsung diupload. Nanti kita arahkan tata ruangnya. Silakan ajukan saja. Apapun investasi, harus sesuai dengan tata ruang,” pungkas pria ini. (mar)

Editor : Redaksi
Penulis : Marga





LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...