Latih Anak Paud dan TK Mewarna Batik Tulis | Malang Post

Senin, 16 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 339 , udi, agung

MALANG - Batik tulis adalah seni budaya yang dimiliki Indonesia, sejak zaman Kerajaan Majapahit. Supaya tidak punah, seni batik tulis itu harus terus dilestarikan. Bersamaan dengan Hari Batik Nasional, LKP Windyas Club mengadakan Literasi Uri Uri Budaya Indonesia Batik Tulis, dengan road show goes to school Seni Hati Anak Indonesia 2019 pada Rabu (2/10) di Kepanjen.
Sasarannya, adalah anak-anak di taman kanak-kanak (TK) dan kelompok bermain (KB) Paud. Ada puluhan anak yang mendapat pelatihan di Paud Alfithrah Jalan Probolinggo, Kelurahan Penarukan, Kepanjen, yakni dari Kelompok TK A sebanyak 41 anak, serta KB Paud sebanyak 24 anak.
"Pelatihan membatik kali ini, kami lakukan dengan mendatangi sekolah. Bahkan, pelatihan tersebut kami khususkan kepada anak-anak usia dini," ungkap Pimpinan LKP Windyas Club, Cicik Winarni Herlambang, S.Pd.,M.Pd.
Menurutnya, pelatihan membatik tulis ini, bertujuan menanamkan pendidikan karakter kepada anak. Sekaligus supaya anak mengenal, menghargai dan melestarikan budaya bangsa sendiri.
"Selain itu, supaya tertanam di benak anak-anak, bahwa betapa unik dan mahalnya nilai budaya Indonesia, terutama adalah batik tulis," ujarnya.
Dalam pelatihan, anak-anak tidak hanya diberi pengetahuan tentang proses pembuatan batik tulis. Tetapi, mereka langsung dilibatkan dengan pemberian warna. Terutama untuk batik khas Malang Raya, yakni Topeng Malangan.
"Tujuan lainnya adalah sebagai implementasi hasil belajar dari pendidikan luar sekolah. Supaya nantinya menjadi bekal ilmu yang bermanfaat ketika dewasa," tuturnya.
Paud Alfithrah ini, di bawah naungan Yayasan Al Khidmad, dengan pengasuh K.H Muhammad Adib Fanani. Dalam kegiatan Literasi Uri Uri Budaya Indonesia Batik Tulis, Kiai Adib, menyambut baik dan memberi apresiasi. Menurutnya, pendidikan karakter dengan menanamkan seni budaya terhadap anak usia dini sangat perlu.
Sementara, Omah Seni Windyas Club yang beralamat di Perum Griya Tirta Aji Blok A1, Jalan Bakahuni, Bakalan Krajan Malang, memiliki sejumlah prestasi. Diantaranya, pemenang design batik tulis Malangan PKK Kota Malang tahun 2007. Masuk 10 terbaik design batik tulis dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang tahun 2018. Dan, masuk 20 besar nominasi design batik motif Malangan Dinas Pariwisata Kota Malang. (agp/udi)



Senin, 16 Des 2019

Gondanglegi Kena Trase Tol

Loading...