Kuatkan Wawasan Global Siswa Melalui Program Pertukaran Pelajar | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 17 Jan 2020,

MALANG - Setelah sukses menjalankan program pertukaran pelajar tahun 2019, di tahun 2020 ini SMK Nasional Malang kembali menjalin kerjasama dengan luar negeri. Kali ini SMK Nasional Malang meluaskan jangkauannya ke Malaysia dan Thailand.
Kerjasama dengan Malaysia yang semula hanya dengan Kolej Vokasional Seri Manjung, ditambah dengan Kolej Vokasional Batu Pahat dan Kolej Vokasional Ipoh. Sedangan dengan Thailand akan dijalin kerjasama dengan Betong Industrial and Community Education College.

   Baca juga : SMK Nasional Malang Unggul Dengan Pendidikan Ketarunaan


Kepala SMK Nasional Malang Drs. Mohammad Taufik, M.Pd mengatakan, program pertukaran pelajar yang digagas sejak tahun lalu merupakan sebuah program yang memberikan peluang kepada para siswa SMK Nasional untuk merasakan belajar di luar negeri.  
“Mereka bisa menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi, serta sebagai ajang untuk pertukaran budaya,” kata dia.
Pada program pertukaran pelajar, memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar tentang masyarakat dan budaya negara tuan rumah. Melalui program tersebut siswa SMK Nasional dapat mengembangkan disiplin diri dan menghormati orang-orang dari berbagai latar belakang.
Lingkungan baru dapat melatih siswa untuk bisa menyesuaikan diri, membuat mereka semakin dewasa, dan kemampuan berpikir semakin berkembang dan kritis. “Melalui program pertukaran pelajar, siswa juga dapat memperluas interaksi social,” ujar Taufik.
Dan hal yang tidak kalah penting, lanjut dia, adalah meningkatnya keterampilan komunikasi siswa, terutama kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Selain juga juga meningkatkan skill akademik. “Selama program berlangsung, siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan yang manfaatnya sangat besar bagi masa depan mereka,” imbuhnya.
Taufik menerangkan, hal tersebut dikarenakan keunggulan akademik, pembentukan karakter interkultural dan pemahaman internasional siswa SMK Nasional semakin bertambah. “Sehingga bisa meningkatkan kemampuan anak didik untuk bersaing di zaman Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong masa depan yang lebih cemerlang,” pungkasnya. (imm/adv/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...