Kotawaringin Barat Tawarkan Program Transmigransi | Malang Post

Senin, 09 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 06 Sep 2019, dibaca : 267 , Parijhon, fino

Kadisnakertrans Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo dan Kadisnakertrans Kotawaringin Barat, Gustin Nur Aini.

MALANG - Disnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, meraba kemungkinan mendatangkan transmigran dari Kabupaten Malang. Terbukti, Kadisnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat, Gustin Nur Aini bersama timnya, mendatangi Disnakertrans Kabupaten Malang, untuk menjajaki potensi tersebut.
“Kami memiliki program perekrutan transmigrasi baru. Kami datang untuk menjajaki kerjasama dengan Kabupaten Malang,” ujar Gustin, Kamis.
Kabupaten Malang, memiliki jumlah penduduk mencapai kurang lebih 3 juta jiwa. Sehingga, ada potensi SDM dari Kabupaten Malang yang bisa dibawa ke Kotawaringin Barat. Meski demikian, menurut Gustin, bukan hanya Kabupaten Malang saja yang didatangi oleh Disnakertrans Kotawaringin Barat.
Ada Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Gustin menegaskan, kunjungan ini bersifat penjajakan, belum sampai pada tahapan MoU. Karena, daerah seperti Kabupaten Malang atau Kotawaringin Barat, harus menunggu adanya kerjasama antara provinsi Kalteng dan Jawa Timur untuk mewujudkan transmigrasi.
“Nantinya, andai ada MoU antar provinsi, kerjasama transmigrasi akan lebih mudah. Kami tak berkewenangan menentukan, tapi tetap bisa merekomendasi. Semoga, lewat penjajakan ini, kami bisa memberi wawasan yang tepat soal transmigrasi ke pimpinan kami,” sambung Gustin.
Dia memaparkan, kawasan Kotawaringin Barat masih berpotensi untuk dikembangkan dan digarap. Luas Kotawaringin Barat adalah 10 ribu kilometer persegi. Jumlah penduduk dewasa di atas 17 tahun, adalah 176 ribu orang, berdasarkan data KPU Kabupaten Kotawaringin Barat.
Lokasi Kotawaringin Barat, berada di bagian barat daya pulau Kalimantan. APBD Kotawaringin Barat, adalah 500 miliar rupiah, 12 persen dari total APBD Kabupaten Malang yang mencapai 4 trilliun rupiah. Kota ini dipimpin Bupati wanita pertamanya, Hj Nurhidayah.
Cuaca Kotawaringin Barat, rata-rata 34 derajat selsius pada siang hari, dan 22 derajat pada malam hari. Keunggulan utama Kotawaringin Barat adalah wisata, karena merupakan pusat konservasi orang utan di Tanjung Puting.
Sementara itu Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo mengapresiasi kunjungan ini. "Tentunya ini sangat bagus. Nantinya warga Kabupaten Malang bisa turut berkontribusi pengembangan Kabupaten Kotawaringin Barat melalui program transmigrasi ini," tambahnya. (fin/jon)



Loading...