Kota Malang, Lokomotif Digital Jawa Timur | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 378 , muhaimin, sisca

MALANG – Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2019 yang digelar Pemkot Malang melalui Dinas Kominfo Kota Malang mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak. Even itu sebagai bukti pengembangan informasi teknologi (IT) sangat berkembang daripada daerah lainnya di Indonesia.

“Bahkan kota pertama yang anak sekolahnya belum lulus tapi dikasih ujian setara profesional IT yang siap kerja di perusahaan besar, datangnya dari Kota Malang,” kata Emil Dardak dalam sambutannya pada malam penganugerahan AIKID Kota Malang 2019 di Hotel Savana, Rabu (16/10) malam.
Dijelaskannya, berbagai prestasi yang telah ditorehkan Kota Malang dalam berbagai tingkatan khususnya di bidang IT, membuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur sepakat menjadikan Kota Malang menjadi lokomotif digital.
“Hari ini tanpa digital tidak bisa dituntaskan dengan maksimal, namun inovasi harus diperkuat sesuai kompetensi dasar,” terangnya.
Wali Kota Malang, H. Sutiaji menegaskan, keseriusan pemerintah dalam mengembangkan smart city, salah satunya dengan menuangkan program tersebut dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang Tahun 2019 -2024.
jika inovasi dan digitalisasi adalah hal utama yang mendukung terwujudnya program smart city tersebut.
“Kita telah mendapatkan penghargaan dari Presiden. Dalam forum bersama kepala daerah beliau menyampaikan jika urusan digital nanti akan diserahkan ke Kota Malang,” jelasnya.
Dikatakan pula, suatu kota atau daerah dapat dikatakan sudah menerapkan program smart city jika telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi sampai pada level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional. Integrasi tersebut, lanjut Sutiaji, ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada masyarakat, hingga memperbaiki layanan publik dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga.
“Karenanya pengembangan konsep smart city akan dilakukan secara bertahap, karena ada berbagai komponen di dalamnya,” tandasnya.
Dalam AIKID Kota Malang 2019 ada lima kategori yang dilombakan. Kategori Media Sosial Terbaik OPD, Sekretariat dan BUMD dijuarai oleh PDAM Kota Malang. Kategori Website Terbaik OPD, Sekretariat dan BUMD dijuarai Disdik Kota Malang, kategori website terbaik kelurahan, Kelurahan Bumiayu, kategori website SMP Negeri dijuarai SMPN 12 Kota Malang.
Kategori website terfavorit, untuk  OPD diraih Dinas Pendidikan Kota Malang, Sekretariat dan BUMD diraih PDAM Kota Malang. website favorit kelurahan diraih Kelurahan Klojen dan website favorit SMP Negeri diraih SMPN 12 Kota Malang. (ica/aim)



Selasa, 12 Nov 2019

I Would Love to be a Hero

Selasa, 12 Nov 2019

Bangga Claudia

Loading...