Korsleting Satu Rumah Nyaris Ludes

Jumat, 18 Oktober 2019

Sabtu, 21 Sep 2019, dibaca : 465 , halim, fino

MALANG - Warga Tambak Asri Tajinan panik bukan kepalang. Jumat (20/9) pagi, pukul 10.00, rumah dari Tri Sulistiani, 38, warga penghuni rumah Perum Tambak Asri RT 08 RW 02, Kecamatan Tajinan, berasap dan mengeluarkan api. Kebakaran ini langsung memicu respon dari Damkar Kabupaten Malang.
Kasi Penanggulangan Kebakaran Bidang PPBK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus “Ambon” Suyanto mengungkapkan, laporan terkait peristiwa kebakaran ini masuk ke Damkar Kabupaten Malang pukul 09.55. “Kami terima laporan sekitar pukul 10 pagi dan langsung meluncur ke lokasi,” ujar Ambon kepada Malang Post.
Empat unit pemadam meluncur ke lokasi dengan kecepatan tinggi dari markas Damkar di Pendopo Kabupaten Malang Jalan Agus Salim. Setibanya di lokasi, petugas melihat bangunan rumah yang mengeluarkan asap. Setelah mengulur selang, petugas langsung menyemprotkan air ke arah bangunan yang sudah terbakar ini.
Dalam waktu cukup singkat, semua titik api dipadamkan. Petugas standby sejenak di lokasi untuk memastikan tak ada lagi titik api baru yang muncul. Begitu menyelesaikan pemadaman dan pembasahan, petugas Damkar Kabupaten Malang kembali ke markas. Menurut keterangan saksi, api berawal dari alat elektronik di dalam rumah.
Keterangan saksi, api muncul dari sambungan arus listrik yang korslet. Api memercik ke barang mudah terbakar di dalam rumah, dan langsung merambat ke berbagai benda sebelum akhirnya menggosongkan rumah tersebut. Bagian atap rumah ambrol karena api membakar rangka atap.
Kaca jendela pecah semua. Perabotan seperti kursi, dipan dan benda-benda dari kayu, ikut menjadi abu. Ambon menyebut, korban merugi cukup besar. “Dari perhitungan sementara, korban disinyalir mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta,” tambah Ambon.
Dia mengimbau masyarakat, untuk selalu hati-hati dalam menggunakan alat elektronik. Jika tidak sedang digunakan, maka sebaiknya alat elektronik ini dilepas dari sumber listrik demi mencegah komplikasi arus pendek yang mengakibatkan percikan api korsleting.(fin/lim)



Loading...