Konsultan FAO Terkesan Blimbing dan Glintung | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 30 Sep 2019, dibaca : 348 , parijon, mp

MALANG - Konsultan Food and Agriculture Organization (FAO), Peter J Baat sangat terkesan dengan wilayah RW 02 Kelurahan Blimbing dan Glintung go Green. Profesor berpaspor Australia ini mengunjungi dua lokasi ini didampingi dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Bayu Adi Kusuma , SP., MBA dan peraih Kalpataru Bambang Irianto, Minggu (29/9) kemarin.
“Saya sangat antusias sekali apa yang dilakukan Pak Bambang Irianto, karena apa yang dilakukan berkaitan dengan lingkungan. Selaku konsultan FAO dan beberapa lembaga internasional saya sangat antusias dan apresiasi,” kata Peter J Baat.
Peter J Baat mengaku juga sangat senang dan terkesan dengan di komunitas di kampung tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan di kampung tersebut, tidak tergantung dengan sumber lain karena bisa mengandalkan sumber makanan sehat dari kampungnya sendiri dengan system tumpang sari. Menurutnya, hal ini bisa menjadi contoh di tingkat dunia, bagaimana mengelolah komunitas di perkotaan.
“FAO sangat konsen dengan ketahanan pangan di wilayah perkotaan karena sekarang yang menjadi fokus  adalah pangan itu adanya di pedesaan. Sementara orangnya tinggal di perkotaan, sehingga ketersediaan pangan di perkotaan menjadi sangat-sangat penting,” tambah pria yang berkewarganegaan Australia dan New Zeland ini.  
Menurutnya semakin banyak orang tinggal di perkotaan maka butuh semakin banyak pangan. Karena wilayah perkotaan bukan wilayah produksi pertanian, maka kota tidak bisa memenuhi kebutuhan pagan.
“Itu membutuhkan pasokan makan dari tempat yang lebih jauh. Itu yang menjadi konsen, kenapa pembangunan ketahanan pangan di perkotaan menjadi penting,” tambahnya.
Sementara itu Bayu Adi Kusuma , SP., MBA mengaku mengajak Peter J Baat ke Glintung dan Blimbing ini karena di Universitas Brawijaya ada program 3 in 1.
“Yakni program kaloborasi antara dosen dari luar negeri, dosen pelaku bisnis dan dosen dari Universitas Brawijaya. Kita kedatangan tamu Profesor Peter J Baat. Beliau adalah konsultan di bidang food and marketing agrobisnis,” kata Bayu Adikusuma.
Selain mengunjungi Rumah Prestasi Glintung go Green, mereka juga melihat langsung di RW 05 Purwantoro. Malam harinya, mereka bertatap muka langsung dengan warga RW 02 Kelurahan Blimbing yang juga dihadiri Lurah Blimbing Roni Kuncoro.(jon)



Loading...