Komplotan Garong Kabel Tower Diringkus | Malang POST

Rabu, 26 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Komplotan Garong Kabel Tower Diringkus

Rabu, 04 Sep 2019,

Komplotan garong kabel tower saat diamankan beserta barang buktinya

PASURUAN – Empat kawanan spesialis garong kabel tower diringkus anggota Satreskrim Polres Pasuruan. Mereka ditangkap saat  makan di wilayah Purworejo Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.
Mereka adalah Suyono, 35 dan Jumadi, 28, warga Surogalih, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Lalu, Jumadi, 32, warga Desa Tambaksari Kecamatan Purwodadi dan Abdi Heri Pamuji, 33, warga Sidodadi Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.
Wakapolres Pasuruan Kompol Supriyono menyampaikan, keempat tersangka diringkus Kamis (29/8), pukul 23.45. Penangkapan dilakukan anggota Buser Polres Pasuruan bekerja sama dengan Buser Mojokerto.
Mereka diringkus karena terlibat pencurian kabel tower milik PT Personil Alih Daya di Desa Karangrejo Kecamatan Gempol. Pencurian kabel tower itu mereka lakukan pada 5 Agustus 2019. Sebelum beraksi, mereka terlebih dahulu survei lokasi tower yang akan digarong, siang harinya.
“Saat malam hari, mereka kembali datang ke lokasi untuk melancarkan aksi pencurian tersebut,” terang Supriyono didampingi Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Dewa Putu Prima.
Dalam beraksi, mereka berbagi peran. Ada yang kebagian memanjat tower dan memotong kabel. Sementara lainnya, kebagian mengawasi situasi. Aksi itu bisa dilakukan dengan mudah lantaran mereka pernah bekerja di perusahaan tersebut.
Siang harinya, perusahaan mengetahui kabel tower telah hilang. Perusahaan pun melaporkan peristiwa itu. Berdasarkan laporan itulah, petugas bergerak memburu pelaku. Penelusuran itu membuahkan hasil, ketika keempat tersangka didapati di wilayah Purworejo Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.
Ketika itu, para tersangka diduga hendak melancarkan aksinya yang lain. Mereka mengendarai mobil Suzuki Ertiga yang plat nomornya diganti. “Petugas yang curiga kemudian membuntuti mereka. Saat mereka berhenti di sebuah warung yang ada di Mojokerto, baru mereka ditangkap,” jelasnya.
Dalam pemeriksaan petugas, keempat tersangka diketahui tidak hanya sekali mencuri kabel tower. Tercatat mereka pernah mencuri di lima TKP lain. Karena ulahnya itu, keempat tersangka disangkakan melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian. Mereka terancam hukuman 7 tahun penjara.(rdb/lim)

Editor : Halim
Penulis : rdb

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi
Loading...