MalangPost | Komisi C DPRD Kota Malang Geser Anggaran Proyek Mercusuar

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Komisi C DPRD Kota Malang Geser Anggaran Proyek Mercusuar

Jumat, 10 Apr 2020, Dibaca : 1146 Kali

MALANG - Pembangunan infrastruktur Kota Malang yang dirasa bisa digeserkan anggarannya untuk kepentingan pencegahan penyebaran virus Corona di Kota Malang terus didorong Komisi C DPRD Kota Malang.


Ketua Komisi C DPRD Kota Malang H Fathol Arifin menanggapi penyampaian LPKJ Wali Kota Malang tahun 2019, menurutnya di situasi darurat wabah penyakit seperti ini proyek dengan anggaran besar dapat disisihkan dulu anggarannya jika tidak urgent.
“Kami tetap mendorong pemda bijak dalam melakukan penggunaan anggaran untuk penanganan Covid-19. Kita tidak tahu sampai kapan wabah ini berlangsung tentu kesiapan anggaran sangat penting dipikirkan,” paparnya.


Ia  mendorong pemda untuk tetap melihat proyeksi anggaran ke depan yang dibutuhkan melihat situasi wabah Covid-19 yang cenderung meningkat kasusnya. Proyek dengan anggaran besar seperti MCC (Malang Creative Center) Rp 125 miliar dan Islamic Center (IC) dapat menjadi pertimbangan untuk digeser anggarannya.
Tidak hanya itu, keluhan warga yang disampaikan pada anggota-anggota Komisi C juga masih berkutat pada bagaiamana kebijakan pemerintah soal tanggungan masyarakat terdampak.
“Seperti salah satunya meminta ada keringanan tarif air PDAM, dan beberapa retribusi lainnya. Ini juga harus dipertimbangkan Pemkot Malang,” tandas Politisi PKB ini.


Menurut pantauan Komisi C, masih banyak pula pihak perbankan, koperasi dan bank-bank leasing yang tidak mengindahkan aturan presiden soal penundaan angsuran bagi warga terdampak.
Pemkot Malang harus melihat kondisi-kondisi seperti ini. Pihaknya meminta Pemkot Malang melakukan pendataan ulang terhadap mereka yang terdampak. Untuk diberikan bantuan sosial. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Francisca Angelina